0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pesta Sabu, Tiga Orang ’Dibekuk’

timlo.net/heru murdhani
Simulasi penangkapan bandar narkoba (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Satuan Samapta Bhayangkara (Sat Sabhara) Polresta Solo mengendus keberadaan bandar dan pengedar narkotika dan obat-obatan terlarang, di salah satu rumah di kawasan Jalan Slamet Riyadi Solo. Keberadaan sindikat ini diketahui berdasarkan laporan masyarakat yang menyebutkan bahwa sedang ada pesta sabu-sabu di rumah tersebut.

“Kita akan bagi tiga tim, yakni tim pengamanan luar, tim penyerbuan, dan tim penggeledahan yang akan dibantu dengan anjing pelacak, kita laksanakan operasi ini sebaik-baiknya,” ungkap Wakasat Sabhara AKP Suwandi, saat mempersiapkan tim penggerebekan di Mako II Polresta Solo, Minggu (6/3).

Setelah persiapan usai, pasukan mulai melancarkan operasi. Mereka bergerak menuju rumah yang menjadi sasaran penggerebekan. Tim pertama mulai bergerak, dan berjaga di bagian depan. Tugas dari tim ini adalah memastikan tidak ada satu orang pun yang bisa meninggalkan rumah tersebut sebelum penggeledahan usai.

Dibekali dengan rompi anti peluru dan senjata api laras panjang, tim kedua mulai masuk ke halaman rumah yang dicurigai menjadi sarang gembong narkoba. Setelah memastikan semuanya aman, tim mendobrak masuk melalui pintu depan rumah.

Alangkah terkejutnya pelaku yang berada di dalam rumah. Dua orang pelaku berusaha meloloskan diri dengan melompat dari jendela samping. Dengan kesigapan penuh, tim pertama yang berjaga di luar, berusaha menghalangi pelarian itu. Aksi tembak menembak terjadi. Merasa mendapat perlawanan, tim pertama terpaksa melumpuhkan dua orang itu dengan timah panas. Pencoleng itu roboh seketika tertembus peluru.

Sementara di dalam rumah, tim kedua berhasil membekuk salah seorang pelaku yang bersembunyi di dalam kamar. Mereka menggiring tersangka keluar rumah dengan kondisi tangan terikat dan wajah ditutup kain.

Tak berselang lama, tim ketiga yang telah disiagakan lengkap dengan anjing pelacak turun ke lokasi penggerebekan. Mereka menyisir setiap ruangan yang ada di dalam rumah. Hasilnya, dua buah paket sabu-sabu berukuran besar berhasil ditemukan di dalam sebuah kamar.

“Ini merupakan simulasi dan latihan saja,” papar Kasat Sabhara, Kompol Edy Sulisyanto.

Selain sebagai ajang berlatih bagi anggota Sabhara, simulasi ini juga ditujukan untuk menguji kesiapan dari personel Sabhara untuk siap menghadapi berbagai macam operasi penggerebekan.

“Kita juga menguji kesiapan anggota kita dalam melakukan penggerebekan bandar narkoba. Seperti kita ketahui, peredaran narkotika telah meresahkan masyarakat. Karenanya anggota kita selalu siap untuk melakukan operasi pemberantasan narkoba seperti ini,” tegas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge