0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Perkuat Tenaga Kerja di Sektor Pariwisata

(www.adwindo.org)

Timlo.net – Pemerintah terus menaikkan level kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata yang siap bersaing di era global. Salah satunya, dengana memperkuat dan memperbanyak tenaga kerja di sektor pariwisata.

“Inilah alasan mengapa kami punya STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung dan Bali. Juga punya Akpar Akademi Pariwisata Medan dan Makassar. Kemenpar akan membangun lagi Politeknik Pariwisata di Palembang dan Lombok. Tujuannya untuk memperkuat dan memperbanyak tenaga kerja di sektor pariwisata,” kata Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, seperti rilis yang diterima Timlo.net, Sabtu (5/3).

Deputi Bidang Kelembagaan dan SDM, Ahman Sya menambahkan, per Oktober 2015 lalu pihaknya sudah meneken kerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

“Kami sudah berjalan dengan target menggenjot 3.040 SDM Pariwisata,” ujar Ahman Sya.

”Dengan Depnaker, kami berkoordinasi dan kerjasama dalam penyusunan standard kompetensi, fasilitasi pendirian LSP, pelatihan bahasa asing dan sebagainya,” tambahnya.

Saat ini, sekitar 35 ribu SDM dari berbagai profesi, sedang melaksanakan uji kompetensi dari berbagai profesi di seluruh Indonesia.

“Kami bekerjasama dengan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi-Red) untuk menjalankan program ini, dan kami memfasilitasi serta mendanai program mereka, agar mampu bersaing dengan baik di kondisi Pariwisata Indonesia terkini,” ujar Ahman Sya.

Spesifikasi jumlahnya, masih kata Ahman, di Bali sebanyak 11.150 orang, di Jakarta 15.650  orang sedang di Batam uji kompentensi bekerjasam dengan LSP diikuti sebanyak 8200 orang dari berbagai profesi.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge