0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyebab Tenggelamnya Rafelia 2 Terus Diselidiki

merdeka.com
proses evakuasi korban KM Rafelia 2 (merdeka.com)

Timlo.net – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan penyelidikan mencari penyebab tenggelamnya Kapal Motor (KM) Rafelia 2 yang membawa 81 penumpang di Selat Bali, Jumat kemarin.

Tiba di Banyuwangi, tim KNKT yang dipimpin Kapten Aldrian Dlimunte langsung memaparkan langkah-langkah penyelidikannya saat koordinasi bersama pemangku kepentingan terkait di kantor ASDP Pelabuhan Ketapang.

Dalam investigsinya, seperti yang disampaikan Humas Pemkab Banyuwangi, Rahmawati Setoardini, lima orang dari KNKT ditugaskan terlibat langsung dalam penyelidikan tenggelamnya kapal KMP Rafelia 2.

“Kami langsung berkoordinasi dengan pihak syahbandar. Kami akan segera melakukan penyelidikan penyebab kecelakaan ini,” jelas Aldrian yang juga sebagai Ketua Subkomite Investigasi Kecelakaan Pelayaran KNKT, Sabtu (5/3).

Hari pertama investigasi ini, lanjut Aldrian, akan dilakukan wawancara mendalam dengan penumpang kapal. Usai koordinasi, tim langsung menuju rumah sakit tempat korban dirawat.

“Ini prioritas kami dulu, mencegah korban pulang duluan. Setelah yang di rumah sakit, baru kita ke penumpang lainnya,” jelasnya.

Setelah wawancara intens dengan korban, KNKT baru akan melakukan pengumpulan dokumen-dokumen terkait kapal.

“Sesegera mungkin kita buatkan rekomendasi, dan segera kami laporkan,” ujar Aldrian.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan KNKT dengan segera turun ke Banyuwangi.

“Kami berterima kasih, semua pihak segera merespons tragedi ini dengan sangat cepat. Bahu-membahu semuanya, tidak saling menyalahkan. Basarnas bahkan mengerahkan sekitar 200 personelnya, nelayan setempat juga turun membantu pencarian korban,” ujar Anas.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge