0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penanganan Terlambat, Tumor Triyono Terlanjur Menyebar

foto: Daryono
Triyono (foto: Daryono)

Solo – Tumor yang menyerang Triyono (28), pemuda asal Kendal Kidul RT 31 RW 13, Desa Jatipuro, Kecamatan Jatipuro, Karanganyar, didiagnosa sebagai tumor syaraf. Lantaran sudah menyebar, penyembuhan membutuhkan waktu dan tidak mudah.

“Jenisnya Neurofibroma atau kanker syaraf,” kata dokter spesialis bedah plastik yang menangani Triyono, dr Dewi Haryanti, SpBP kepada wartawan, Sabtu (5/3).

Dr Dewi menerangkan kanker pada jaringan saraf lebih dikenal sebagai tumor saraf, yang bisa terjadi atau tumbuh di bagian tubuh mana saja. Hal ini karena jaringan saraf memang terdapat di setiap bagian tubuh. Kanker ini disebakan oleh kelainan genetis yang disebut sebagai neurofibromatosis.

“Kanker yang satu ini cukup jinak, terkadang bawaan sejak lahir dengan timbul bercak hitam, sering dikenal toh atau tembong. Sebenarnya jika mengetahui seperti itu harus segera mendapat tindakan medis, sebab jika sudah membesar seperti saat ini, tindakannya lebih sulit,” terang dia.

Ditambahkan dr Dewi, sebelum mengambil tindakan medis akan dilakukan pemeriksaan patologi anatomi. Menurutnya penyakit ini tidak bisa dihilangkan total, terlebih dalam waktu dekat.
Upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan operasi untuk menghilangkan benjolan-benjolan besar yang mengganggu aktifitas.

“Operasi ini pun tidak bisa dilakukan keseluruh bagian yang terdapat tumor. Karena bagian dari yang dibuang juga harus ditutup dengan kulit yang mengambil dari bagian tubuh yang lain,” beber dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge