0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Derita Tumor Ganas, Triyono Butuh Uluran Tangan Dermawan

foto: Daryono
Triyono (foto: Daryono)

Solo – Lima hari lagi, tepatnya 10 Maret 2016, Triyono bakal berulang tahun ke-28. Namun, ulang tahun tahun kali ini nampaknya tidak akan terlalu istimewa. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Penyebabnya adalah masih menjalarnya tumor ganas di tubuh Triyono. Tumor itu menempel di tangan kanan dan punggung. Jika ditaksir, berat tumor di tangan kanan Triyono lebih dari 2 Kg.

“Kalau untuk jalan jauh terasa berat,”kata Triyono saat berbincang dengan Timlo.net di RS Dr Oen Kandang Sapi, Sabtu (5/3).

Sekedar untuk mengangkat gayung berisi air, tangan kanan pemuda asal Kendal Kidul RT 31 RW 13, Desa Jatipuro, Kecamatan Jatipuro, Karanganyar ini tak kuasa. Tangannya hanya mampu menenteng barang-barang ringan.

Ayah Triyono, Tukino (62), menjelaskan Triyono terindikasi kena tumor sejak masih balita. Kala itu, saat diperiksakan, dokter mendiagnosa supaya tangan kanan Triyono diamputasi. Atas saran dokter tersebut, almarhum Ibu Triyono keberatan.

“Ibunya meninggal saat umur Triyono baru 105 hari. Karena keberatan ya tidak diamputasi dan membesar hingga sekarang. Tumornya mulai besar di usia 10 tahun,” terang bapak tiga anak ini.

Tukino mengaku baru sekarang bisa memeriksakan anaknya lantaran baru saja mendapatkan kartu jaminan sosial. Sebelumnya, Tukino pasrah lantaran untuk mengobati penyakit anaknya, profesinya sebagai petani tak mencukupi.

Di masa Bupati Rina Iriani Sri Ratnaningsih, Triyono sempat dijanjikan pengoban namun kandas. Ia hanya mendapat bantuan dari Bupati Rina sebesar Rp 1 juta.

“Kalau sekarang butuhnya ya paling untuk bolak balik ke Jatipuro-Solo. Kalau kedepan harus bolak balik kan ya butuh biaya,” ujar dia.

Saat ini, Triyono sedang menunggu penangan dari dokter di RS Dr Oen dan Dr Moewardi, setelah sebelumnya dirujuk oleh RSUD Karanganyar. Belum diketahui pasti jenis tumor apa yang menyerang Triyono.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge