0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Menteri Gaduh, Ini Sindiran Fadli Zon ke Jokowi

Wakil Ketua DPR Fadli Zon (merdeka.com)

Timlo.net — Wakil Ketua DPR Fadli Zon menuturkan, perseteruan antara Menko Rizal Ramli dan Menteri ESDM Sudirman Said terkait rencana pembangunan kilang gas abadi di Lapangan Gas Abadi di Blok Masela, Maluku membuktikan kurangnya kuatnya kepemimpinan Presiden Jokowi. Fadli Zon memandang perdebatan antar menteri sebagai persoalan sepele yang bisa ditangani lebih cepat jika Jokowi mempunyai gaya kepemimpinan tegas.

“Ini masalah leadership. Seharusnya dia (Jokowi) bisa buat lebih mudah. Ini lima menit saja kok. Dia bertele-tele dan tidak jelas,” kata Fadli saat berdiskusi di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (5/3).

Masalah blok Masela memanas ketika Rizal Ramli dan Sudirman Said memperdebatkan lokasi cocok pembangunan kilang gas. Sudirman Said setuju jika dibangun di lepas pantai atau offshore, sedangkan Rizal Ramli setuju jika kilang dibangun di darat atau onshore.

Sebagai seorang pemimpin, Jokowi tak ubahnya dirigen dalam sebuah orkestra. Sebagai dirigen yang baik, Jokowi harus mengetahui jenis musik yang dimainkan agar harmoni terjaga. Tapi kenyataannya, kata Fadli Zon, tidak seperti yang diharapkan.

“Jokowi tidak tahu musik apa dan anak buah false,” ucapnya.

Fadli mengatakan, keributan antar menteri di ruang publik hanya terjadi di era Jokowi. Dulu, jika menteri memperdebatkan sesuatu, hal itu terjadi dalam sidang kabinet.

“Dulu ada keributan tapi ada di dalam. Kita hanya tahu seperti isu ribut saja tapi tak pernah mencuat keluar,” kata dia.

Fadli Zon tak berhenti mengkritik Jokowi di tengah memanasnya perdebatan Rizal Ramli dengan Sudirman Said. Menurutnya, Jokowi kurang memperhatikan persoalan-persoalan yang menjadi perdebatan di kalangan menteri. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mencontohkan saat Rizal Ramli mengkritik rencana Menteri BUMN Rini Soemarno terkait pembelian pesawat Garuda Indonesia.

“Saya tanya dia bagaimana soal Airbus. Dia bilang ada apa? Jadi Jokowi tidak tahu dan bahkan Lempar ke JK. JK bilang ini masih wacana. Ini bahaya kalau Presiden saja tidak tahu. Jangan sampai presiden bertanya apa yang terjadi termasuk menteri-menterinya,” kritik Fadli. [noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge