0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Dorong Maskapai Buka Rute Low Cost Carrier

dok.merdeka.com/ist
Pesawat perintis Aviastar (dok.merdeka.com/ist)

Timlo.net – Pemerintah mendorong maskapai penerbangan membuka rute baru untuk kelas low cost carrier (LCC). Tujuannya untuk memajukan sektor pariwisata nusantara.

“Ada banyak bandara yang sudah siap diterbangi LCC, makin banyak maskapai yang masuk, makin bagus buat pengembangan industry pariwisata,” kata Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, seperti rilis yang diterima Timlo.net, Jumat (4/3).

Sejumlah bandara menjadi prioritas, diantaranya di Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Bandara Silangit Sumut, Bandara Lombok International, Labuan Bajo, Kota Baubau, Wakatobi, Ende, Kupang, dan masih banyak lagi airport yang masih kecil-kecil. Mereka membutuhkan lebih banyak pesawat yang landing dan take off dari lokasi yang memiliki potensi objek wisata yang menarik.

Arief Yahya malah bersurat kepada Menteri Perhubungan, agar bandara yang kosong itu ditenderkan saja. Misalnya, LCC yang masuk diberi prioritas untuk beroperasi sendiri selama 4 tahun.

Kalau ada dua maskapai, diberi keleluasaan membangun pasar selama 3 tahun. Sehingga mereka merasa aman, karena bisa beroperasi sendirian.

“Ditenderkan saja siapa yang mau? Biar fair. Jangan menunggu ada pasar baru maskapai masuk. Tetapi juga ikut menciptakan pasar dan pergerakan orang,” ungkapnya.

Seperti diketahui, syarat sebuah kawasan bisa dipromosikan besar-besaran jika sudah memiliki 3A. Akses, Atraksi dan Amenitas. Akses itu faktor mutlak, karena kalau tidak ada jalan menuju ke lokasi destinasi manapun, tidak akan sukses.

“Karena itu, akses itu penting. Orang tidak bisa bergerak tanpa akses yang bagus,” ungkap dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge