0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemeliharaan DAS Butuh Dukungan Masyarakat

dok.timlo.net/putra kurniawan
Kasi Kelembagaan BP DAS Surakarta, Sita Murti (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) menjalin kerjasama dengan dunia pedidikan dalam melakukan pemeliharaan lingkungan. Diharapkan dengan kerjasama ini pemeliharaan lingkungan hidup bisa lebih maksimal.

“Kami sudah menjalin kerjasama dengan dunia pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, kita berharap kepedulian terhadap lingkungan hidup tertanam sejak usia dini,” kata Kasi Kelembagaan BP DAS Surakarta, Sita Murti, Jumat (4/3).

Bentuk kerjasama ini diantaranya dengan memberikan materi pengetahuan tentang DAS dan pemeliharaannya. Selain itu juga diberikan bibit pohon kepada sejumlah sekolah dan masyarakat untuk ditanam di lingkungannya masing-masing.

Selain menggandeng sekolah, BP DAS juga melakukan rehabilitasi terhadap sejumlah waduk dan tampungan air di sejumlah wilayah. pengerukan sedimentasi dilakukan di sejumlah waduk di Wonogiri dan pemeliharaan lingkungan hidup dengan penanaman pohon keras di daerah aliran sungai.

“Wilayah kita habis dalam DAS, sehingga semua wilayah menjadi tanggung jawab kami untuk memelihara lingkungan hidup. Seperti perawatan waduk maupun menjaga kelestarian hutan dan kita membuthkan dukungan dari masyarakat luas dengan ikut menjaganya,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge