0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bantu Berdayakan Petani, Kodim Klaten Terima 5 Hand Tractor

Kodim Klaten menerima hibah 5 unit traktor tangan dari Kementerian Pertanian (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Komando Distrik Militer (Kodim) 0723/ Klaten menerima hibah lima unit hand tractor dari Kementrian Pertanian (Kementan). Hibah mesin pembajak itu untuk membantu memberdayakan para petani di wilayah Klaten.

“Datangnya kemarin (Kamis, 3/3) sebanyak lima unit. Nanti akan digunakan sebagai brigade Alsintan (alat mesin pertanian) yang teknisnya membantu olah sawah, tanam bersama, dan sebagainya,” ujar Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Klaten, Kapten (Inf) R Basuki, Jumat (4/3).

Hibah tersebut bertujuan mendukung Presiden Joko Widodo melalui penandatanganan MoU antara Menteri Pertanian dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dalam program Ketahanan Pangan Swasembada Padi, Jagung dan Kedelai.

Kodim Klaten memiliki 333 Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang siap menjadi ujung tombak pendampingan, motivator, sekaligus jembatan antara petani dengan Dispertan. Mereka sudah dibekali berbagai pelatihan dalam usaha menuju swasembada pangan pada 2017.

“Sedikitnya 150 Babinsa sudah mahir operasikan traktor ini. Mereka telah melaksanakan pelatihan pertanian, di Bandung, Subang, Soropadan-Magelang, secara bergantian. Jadi nanti traktornya dikandangkan di Makodim, tapi sewaktu-waktu bisa dipinjam oleh petani maupun Gapoktan,” imbuh Kapten R Basuki.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge