0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SDIT Al Kautsar Latihan Shalat Gerhana Matahari

Siswa SDIT Muhammadiyah Alkautsar latihan shalat gerhana matahari (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Siswa SD Muhammadiyah Al Kautsar, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (4/3) melakukan latihan shalat gerhana matahari di masjid sekolah. Kegiatan ini untuk menyikapi fenomena alam yang akan terjadi pada Rabu (9/3) mendatang.

“Kita berikan pengetahuan tentang terjadinya gerhana matahari dan sebagai umat Islam harus menyikapinya bagaimana agar tidak salah memahaminya,” kata penanggungjawab program ibadah SDIT Muhammadiyah Al Kautsar, Muhammad Ismail.

Sebelum melakukan latihan shalat gerhana matahari, siswa diberikan materi ilmu astronomi dan fenomena yang dapat terjadi. Mulai dari terjadinya gerhana bulan hingga gerhana matahari yang dimungkinkan terjadi dalam rentang waktu yang berbeda-beda.

Sebagai umat Islam, para siswa diberikan pemahaman agar terhindar dari hal-hal yang berbau tahayul yang dapat mendorong ke perbuatan musrik. Sehingga siswa memahami gerhana matahari sebagai salah satu kejadian di alam semesta biasa, hanya saja terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama.

“Di sejumlah negara dan adat kebudayaan, tentunya berbeda menyikapinya, sehingga, kami sebagai umat Islam punya cara sendiri dalam menyikapinya dengan melakukan shalat gerhana matahari berjamaah di lapangan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge