0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apakah Path Error Gara-Gara Dihack?

Path error. (Dok: Timlo.net/Path.com)

Timlo.net— Beberapa jam setelah Path error, beredar kabar di berbagai layanan chat seperti BBM dan WhatsApp jika penyebab error adalah karena Path dihack. Berikut isi pesan yang beredar:

“New york – Departemen cyber crime FBI (Federal Beareau of Investigation) baru saja melaporkan bahwa telah terjadi serangan hacker pada server pusat Path di Virginia. Analis cyber dari FBI memperkirakan bahwa telah terjadi pencurian data dan gambar dari para pemilik akun Path.

Pihak Path Inc. belum bisa dikonfirmasi untuk hal tersebut, tapi mengingat maintenance aplikasi yang dilakukan beberapa jam yang lalu, bisa jadi analisa yang dilakukan oleh pihak Departemen Cyber FBI adalah benar.

Saat ini jutaan pengguna aplikasi Path mengalami gangguan penggunaan aplikasi tersebut di handled Android dan iPhone. Diperkirakan Path Inc. Sedang melakukan maintenance update security server dan backup data.

Dikutip dari halaman cooltech.com disarankan untuk para pengguna aplikasi Path untuk melakukan log out dan reset password. Hal tersebut untuk menghindari pencurian baik data pribadi maupun foto yang sudah diunggah di aplikasi Path.”

Kabar yang disebar lewat layanan chat ini bisa dipastikan sebagai hoax. Setelah ditelusuri, situs cooltech.com yang disebut dalam pesan ini bukanlah situs berita melakukan situs perusahaan sistem pendingin dan pemanas. Kemudian disebutkan jika server pusat di Virginia, Amerika Serikat (AS), padahal kantor pusat Path berada di San Francisco, AS. Kabar Path sedang error memang ramai dibicarakan oleh para pengguna internet di Indonesia namun tidak ada pemberitaan dari luar terkait masalah yang menimpa Path.

Seperti diberitakan sebelumnya, Path mulai error sejak Kamis (3/3) malam. Lewat situs resmi dan akun Twitter mereka, Path menyatakan jika sistem mereka sedang dalam perbaikan dan memerlukan waktu sekitar 12 jam untuk layanan kembali normal.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge