0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan Tempat Ibadah di Wonogiri Gagal Dapat Bantuan

Kabag Kesra Sekda Wonogiri, Maryanto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Hampir tiga tahun, bantuan untuk tempat ibadah di Wonogiri gagal dicairkan. Bahkan ribuan proposal ngendon di Pemkab Wonogiri. Hal itu terjadi lantaran adanya perubahan aturan. Tak hanya itu saja, imbas dari perubahan aturan, dana miliaran rupiah yang sudah dicairkan terpaksa dikembalikan lagi ke Kas Daerah (Kasda).

“Tahun 2014 ada sekitar 630 proposal yang layak mendapat bantuan, namun karena tahun itu terbit UU 23/2014, kita tidak berani memberi bantuan,” ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Wonogiri, Maryanto (4/3).

Menurutnya, di tahun 2014, pemerintah sudah mengucurkan anggaran Rp 1,6 miliar untuk Wonogiri. Terpaksa dikembalikan lagi ke Kasda. Sedangkan untuk tahun 2015 dan 2016, proposal yang masuk ada 400-an.

“Namun semuanya tidak bisa mendapatkan bantuan, karena semuanya belum memiliki badan hukum,” jelasnya.

Ditambahkan, di Wonogiri tempat ibadah yang memiliki badan hukum hanya Masjid At Taqwa Wonogiri dan Al Hidayah Wonokarto.

“Untuk At Taqwa, tahun 2014 mendapat bantuan Rp 400 juta.Karena tidak bisa mendapat bantuan secara berturut turut, jadi di tahun 2015 dan 2016 belum bisa mendapat bantuan lagi,’’ katanya.

Seperti kita ketahui, semenjak ada Undang-Undang (UU) 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, ada syarat tambahan bahwa penerima dana hibah adalah badan, lembaga, dan organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum Indonesia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge