0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peneliti Temukan Cara Buat Kryptonite

Kryptonite. (Dok: Timlo.net/ Ztele.com)

Timlo.net— Para penggemar komik pasti tahu jika satu-satunya kelemahan yang dimiliki Superman adalah batu kryptonite. Ada sebuah berita buruk untuk Superman karena para peneliti mengaku jika mereka telah menemukan cara membuat kryptonite dalam kehidupan nyata.

Di dalam buku komik, kristal kryptonite ini dibuat dari sisa-sisa planet Krypton, planet asal Superman. Dan pahlawan super itu menjadi lemah karena radiasi batu itu. Di Bumi, elemen krypton yang sebenarnya adalah gas, yang dianggap sangat tidak stabil untuk dibentuk menjadi batuan.

Akan tetapi para ahli kimia dari Polish Academy of Sciences, di Warsawa, Polandia telah mensintes senyawa krypton dan oksigen di bawah tekanan yang sangat tinggi untuk membentuk krypton oxide. Proses ini memberikan harapan untuk terciptanya kristal dengan mengikat atom-atom krypton ke elemen lain untuk pertama kali.

Peneliti Dr. Patrick Zaleski-Ejgierd dan mahasiswa doktoral Pawel Late mengungkapkan penemuan mereka dalam jurnal Scientific Reports dan mengakui hubungan temuan mereka dengan batuan yang menjadi sumber kelemahan Superman itu.

Dr. Zaleski-Ejgierd berkata: “Dalam perkumpulan penggemar buku komik, senyawa ini seharusnya disebut kryptoxide dan bukan kryptonite. Jadi jika Superman membaca ini, dia tetap bisa tenang dan tidak perlu panik! Krypton monoxide, KrO mungkin tidak bisa ditemukan di alam. Menurut pengetahuan kami saat ini, hanya satu tempat yang memiliki tekanan cukup untuk melakukan sintensis ini, yaitu jauh di dalam bumi. Di tempat itu tidak terdapat oksigen maupun krypton.”

Untuk memperoleh tekanan serupa, para peneliti menggunakan laboratorium modern untuk menyatukan atom krypton di bagian tengah dengan oksigen di sekelilingnya.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge