0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Mahasiswa UNS Tertipu “Yerica Minta Pulsa”

dok.timlo.net/heru murdhani
Direktur utama LBH Mawar Saron, Guntur Perdamaian mendampingi Yerica Setya Putri (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Seorang mahasiswi Universitas Sebelas Maret (UNS), Kamis (3/3), mendatangi Mapolresta Solo untuk melaporkan pencatutan namanya yang digunakan sebagai modus penipuan melalui pesan singkat, atau yang biasa dikenal dengan mama minta pulsa. Mahasiswi yang diketahui bernama Yerica Setya Putri ini datang dengan didampingi tiga teman wanitanya, yang juga menjadi korban

“Mereka mendatangi kantor kami untuk berkonsultasi, kemudian kami sarankan untuk dibawa ke ranah hukum. Lalu kita lapor ke Polres Solo,” ungkap Direktur Utama Lembaga Bantuan Hukum Mawar Saron, Guntur Perdamaian, yang turut mendampingi.

Berdasarkan keterangan Yerica, kejadian pencatutan nama ini berawal pada saat dirinya di-SMS oleh nomor tak dikenal yang mengaku sebagai kakak tingkatnya, alumnus tahun 2008. Dalam SMS itu disebutkan, bahwa alumni itu bernama Tiara yang bermaksud hendak membuat suatu acara dan membutuhkan sekitar 20 tenaga voulentir. Terduga Tiara meminta kepada Yerica untuk mengirimkan 20 nama lengkap dan nomor Ponsel dari teman-temannya.

“Tanpa curiga, langsung saya berikan nama dan nomor HP teman-teman saya itu,” kata Yerica.

Sejak saat itu, teman-teman Yerica mendapatkan SMS permintaan pulsa dengan mengatasnamakan gadis manis itu. Tak tanggung-tanggung, SMS itu meminta kiriman pulsa dengan kisaran Rp 100 ribu – Rp 500 ribu.

“Saya kaget saat ditagih utang ini. Saya lebih kaget lagi saat mereka memberi tahu tentang SMS yang mereka terima mengatasnamakan saya,” papar Yerica.

Setidaknya sudah 20 teman Yerica menjadi korban, di antaranya Renita, Delta, dan Gladi. Mereka mengaku kena kibul SMS palsu ini, dengan kerugian ratusan ribu rupiah.

“Saya ingin nama baik saya dipulihkan, dan semoga pelakunya segera tertangkap,” ujar Yerica sedih.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge