0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SBC Diharapkan Dongkrak Perekonomian

timlo.net/setyo pujis
Perhelatan Solo Batik Carnival (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Even tahunan Solo Batik Carnival (SBC) 2016 siap digelar Juli Mendatang. Melalui even tersebut selain bertujuan menggali potensi masyarakat, juga diharapkan bisa mendongkrak roda perekonomian.

“Berbeda dengan perhelatan sebelumnya, konsep SBC tahun ini akan mengangkat kreatifitas para pencinta seni dan batik sebagai budaya,” ujar Perwakilan Yayasan Solo Batik Carnival, Ira Oktarini kepada wartawan, Kamis (3/3).

Dikatakannya, tujuan digelarnya SBC selain sebagai wadah berkreasi juga untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap batik. Sedangkan bagi peserta yang terlibat, diharapkan bisa menjadi desainer sekaligus model untuk kostumnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara SBC, Ian Prasetyo dalam kesempatan yang sama menuturkan, panitia akan bekerja keras agar perhelatan SBC 2016 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga even SBC tidak hanya menjadi rutinitas, tapi juga mendongkrak wisatawan dan perekonomian.

“Karena semangat awal digelarnya SBC tidak hanya menumbuhkan kecintaan masyarakat kepada batik. Tapi juga bisa menarik wisatawan dari luar kota,” jelasnya.

Ian juga optimis even SBC dapat mendongkrak perekonomian. Karena peserta yang terlibat mencapai 300 orang dengan biaya pembuatan per kostum sekitar Rp 3 Juta.

“Jika dilihat perputaran uangnya, dari biaya pembuatan kostum saja sudah mencapai Rp 900 Juta. Baik untuk beli batik, broklat, maupun pernak-pernik lain. Sehingga kita optimis even ini bisa menggeliatkan roda ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge