0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karyawan Hotel dan Biro Wisata Wajib Bersertifikasi

Ilustrasi kamar hotel (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Pelaku bisnis hotel dan biro wisata wajib melakukan sertifikasi bagi karyawannya. Hal itu dilakukan untuk memberikan standarisasi pelayanan, serta meningkatkan daya saing dalam masyarakat ekonomi Asean.

“Sertifikasi itu penting dilakukan, karena salah satu pengakuan sebagai tenaga profesional yang kompeten dibidangnya,” ujar Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Guna Dharma, Vera Damayanti, Kamis (3/3).

Dikatakannya, kesadaran para pelaku usaha terhadap kebijakan pemerintah tersebut masih relatif minim. Padahal sertifikasi diperlukan sebagai langkah antisipasi terhadap gempuran tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia.

“Untuk mendorong itu, upaya sosialisasi terus kita lakukan termasuk kerjasama dengan PHRI. Sesuai peraturan, setiap hotel minimal 70 persen dari tenaga profesionalnya harus bersertifikasi,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, sepanjang 2016 ini Kementrian Pariwisata turut mendorong upaya percepatan sertifikasi tersebut. Diantaranya dengan memberikan fasilitas sertifikasi gratis kepada 1850 karyawan, di Jawa Tengah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge