0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banjir Tawangmangu Segera Teratasi

timlo.net/eko prasetyo
Pengecekan drainase depan terminal Tawangmangu (timlo.net/eko prasetyo)

Karanganyar – Banjir yang sempat melanda kawasan Pasar dan Terminal Tawangmangu jika turun hujan menjadi tanda tanya besar. Pasalnya Tawangmangu yang berada di dataran tinggi saja bisa terjadi banjir apalagi daerah dibawahnya.

“Gorong-gorong di depan Pasar Tawangmangu perlu diperbaiki, karena ada perbedaan daya tampung air antara saluran di sisi atas dengan sisi bawah,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jateng Hadi Santoso, Kamis (3/3).

Imbasnya, jika hujan turun, air dari saluran air meluap dan membanjiri jalanan di sekitarnya. Hal itu terungkap saat politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu sidak ke Tawangmangu. Kunjungan tersebut dalam rangka reses untuk menyerap aspirasi dan mengetahui persoalan di Daerah Pemilihan IV (Karanganyar, Wonogiri, Sragen).

Hadi mengungkapkan, kunjungan ke Tawangmangu dilakukan, setelah beberapa waktu lalu mendapat kiriman video soal banjir yang terjadi di kota kecamatan tersebut.

“Aneh kan, Tawangmangu yang notabene daerah tinggi kok banjir,” katanya.

Dari sidak yang juga diikuti Camat Tawangmangu serta lurah Tawangmangu itu didapati penyebab banjir selama ini. Banjir disebabkan saluran drainase yang tidak berfungsi optimal, sehingga air meluap saat hujan dengan intensitas tinggi turun.

“Ada penyempitan saluran air di depan pasar, yang disebabkan pembelokan saluran saat pembangunan pasar pada 2010 lalu,” jelasnya.

Daya tampung antara saluran air di atas dengan di bawah, juga berbeda. Sehingga saluran tersebut perlu dilebarkan. Dari identifikasi awal saluran menyempit dari toko Pojok timur Terminal Tawangmangu hingga dekat Kantor Kalurahan Tawangmangu.

“Mudah-mudahan, dalam penataan kawasan wisata Tawangmangu pada tahun ini, persoalan saluran air ini bisa teratasi,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge