0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PUDAM Targetkan Pembangunan 11 Embung

Proses pembangunan embung di Musuk (timlo.net/nanin)

Boyolali — Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Boyolali menargetkan hingga tahun 2018 nanti akan membangun 11 embung. Keberadaan 11 embung ini akan mensuplai bahan baku air mencapai 3,5 juta meter kubik.

“Tiga embung sudah kita fungsikan, semuanya berada di wilayah Musuk,” kata Direktur PUDAM Boyolali, Cahyo Sumarso, Kamis (3/3).

Pembangunan embung sendiri akan dilakukan di wilayah Musuk, Cepogo dan Ampel. Sebagian embung, seperti di wilayah Musuk dan Cepogo sudah mulai dibangun. Untuk embung yang berada di Desa/Kecamatan Musuk, masih berkapasitas 200 ribu meter kubik. Sedangkan volumenya baru 350 liter per detik.

“Penambahan embung ini untuk mengejar target Milenium Development Goals (MDGs) dengan cakupan layanan pelanggan 80 persen perkotaan dan 60 persen pedesaan,” tambahnya.

Dijelaskan Cahyo, dengan pembangunan embung-embung tersebut, kebutuhan bahan baku air tercukupi dan lebih menghemat biaya produksi. Pasalnya, saat ini produksi bahan baku air PUDAM sebagian masih mengandalkan sumur dalam yang menggunakan pompa dengan bahan bakar minyak maupun listrik. Sehingga biaya operasional pun menjadi sangat mahal.

“Nanti dengan adanya embung biaya produksi bisa kita tekan, suplai air juga mencukupi,” imbuhnya.

Saat ini jumlah pelanggan PUDAM Boyolali mencapai 45 ribu sambungan rumah (SR) dari target 50 ribu SR. Tahun ini, PUDAM juga menargetkan penambahan pelanggan sebanyak 5000 SR.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge