0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pabrik Esemka Dibangun di Boyolali, Begini Kondisi PT SMK di Solo

dok.timlo.net/daryono
Kantor dan bengkel PT SMK di SMK TP 3 Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Pabrik mobil Esemka seluas 11,4 hektar mulai dibangun di Desa Demangan, Sambi, Boyolali. Lantas bagaimanakah perkembangan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) selaku produsen mobil Esemka di Solo?

Timlo.net  mencoba menelusuri kantor PT SMK yang beberapa tahun lalu berada di SMK Pancasila, Jajar, Solo. Ternyata kantor PT SMK sudah pindah ke SMK Tunas Pembangunan (TP) 3, Bibis.

“Sudah pindah ke SMK TP 3 akhir Desember lalu,” kata Usman Swasana, Guru Tehnik Kendaraan Ringan SMK Pancasila, Kamis (3/3).

Usman yang sempat menjadi teknisi PT SMK saat berkantor di SMK Pancasila ini menambahkan semasa di SMK Pancasila, PT SMK memproduksi sekitar 15 unit. 10 unit sudah didistribusikan, semantara 5 unit sisanya dipajang di SMK Pancasila.

“Di sini dulu direncanakan untuk general servis,” ujar dia.

Disinggung pembangunan pabrik mobil Esemka di Boyolali, Usman mengaku tidak mengetahui dengan pembangunan pabrik tersebut. Namun, Usman menyambut baik pembangunan pabrik mobil Esemka. Usman berharap pabrik Esemka nanti mengakomodir pekerja lulusan SMK di Solo.

“Dalam produksi nanti, siswa SMK harus dilibatkan sehingga mengembangkan ilmu otomotif. Dari awalnya Esemka kan memang untuk mengembangkan otomotif anak SMK. Kalau ada pabrik di sini kan tidak perlu ke Jakarta,” terang dia.

Saat Timlo.net menyambangi kantor PT SMK di SMK TP 3, kantor PT SMK menempati bangunan yang tampak kurang terawat. Di dinding depan, terpampang tulisan PT SMK. Di bangunan yang digunakan untuk bengkel, hanya ada satu mobil Esemka. Timlo.net tidak berhasil menemui manajemen PT SMK lantaran tidak berada di tempat.

Sebagaimana diketahui, mobil Esemka sempat mencuat ke publik di tahun 2012 ketika Walikota Solo, Joko Widodo menjadikan Esemka sebagai mobil dinas. Mobil Esemka juga sempat menjalani uji emisi di Jakarta.

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge