0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LPPM UNS Bahas Wujud Keterbukaan Informasi Publik

Seminar Perwujudan Keterbukaan Informasi Publik : Peran Serta Mahasiswa sebagai Agen Perubahan (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Pusat Pengkajian Kebijakan Daerah dan Kelembagaan (PPKDK) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) membahas Perwujudan Keterbukaan Informasi Publik: Peran Serta Mahasiswa sebagai Agen Perubahan, di Aula Fakultas Hukum UNS, Solo, Kamis (3/3).

“Menghadirkan narasumber antara lain, Ketua Komisi Informasi Pusat Abdul Hamid Dipo Pramono, Deputi IV Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo dan Direktur Komunikasi Publik Tulus Subardjono,” ungkap Ketua Pelaksana, Tuhana SH MSi kepada Timlo.net, di sela-sela acara.

Tujuannya, kata Tuhana, antara lain, memberikan pemahaman dasar mengenai Keterbukaan Informasi Publik kepada masyarakat umum, khususnya lingkungan kampus, meningkatkan penggunaan hak akses informasi public oleh masyarakat, meningkatkan kualitas layanan informasi public kepada public, dan juga menciptakan kolaborasi yang efektif dari berbagai pemangku kepentingan yang terkait secara langsung maupun tidak langsung.

Lebih lanjut Tuhana mengatakan, sejak pengesahan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan pemberlakuannya dua tahun setelah ditetapkan, telah banyak kegiatan dan usaha badan public untuk mengembangkan keterbukaan informasi, baik dalam hal penyediaan informasi yang wajib disediakan secara berkala, serta merte, dan setiap saat, maupun pembenahan system dokumentasi dari pelayanan informasi.

“Namun musti diakui implementasi undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik belum optimal,” ujarnya.

Belum optimalnya implementasi, menurut Tuhana, tampak dari sedikitnya badan publik yang menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), sedikitnya badan publik yang menyediakan informasi berdasar Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, dan sebagainya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge