0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rutan Solo akan Dipasang Alat Pengacak Sinyal HP

dok.timlo.net/heru murdhani
Kepala Pengamanan Rutan Kelas I Solo, Urip Dharma Yoga (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Solo berupaya untuk mengurangi penyelundupan alat komunikasi berupa HP ke dalam Rutan. Hal ini dikarenakan penyelundupan HP kepada warga binaan atau Napi dikhawatirkan bisa menjadi salah satu upaya pengendalian jaringan Narkoba, baik di dalam maupun di luar rutan. Bentuk dari upaya itu, di antaranya dengan melakukan pemasangan alat pengacak sinyal HP di kawasan Rutan.

“Sementara ini ada informasi bahwa setiap Rutan harus dilengkapi dengan pengacak sinyal, jadi kita siapkan juga. Nanti jika sudah ada surat perintah langsung dari kementerian langsung kita laksanakan,” ungkap Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas I Solo, Urip Dharma Yoga, Kamis (3/3).

Yoga mengatakan, pelaku penyelundupan HP ini tergolong licin dalam melancarkan aksinya. Meskipun razia di dalam Rutan telah kerap dilakukan namun dengan modus yang sering berubah, terkadang barang itu masih juga lolos dari pengamatan petugas.

Namun pemasangan alat itu tidak serta merta tanpa kendala. Kondisi lingkungan sekitar Rutan yang merupakan kawasan padat penduduk akan merasa terganggu dengan adanya pengacak sinyal ini. Belum lagi disamping kanan dan kiri Rutan yang merupakan kantor bank akan terganggu aktivitas perbankan yang dilakukan di kantor itu.

“Dulu sebenarnya sudah pernah dipasang (alat pengacak sinyal) tapi dikomplain sama bank, sehingga dicopot lagi. Tapi mau bagaimana lagi, jika memang sudah perintah, tetap akan kita pasang,” tegas Yoga.

Dijelaskan, selama ini pihakya mengandalkan razia insidental untuk menjaring barang haram itu didalam Rutan. Selain itu pengawasan juga dilakukan dengan pemasangan CCTV yang dipasang di sejumlah blok.

“Kita perketat untuk ijin berkunjung, kemudian juga kerap ada razia insidental, dan pemasangan 36 CCTV untuk memantau. Dengan begitu kita harap petugas tidak lagi kecolongan dalam melaksanakan tugasnya,” tandas dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge