0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemberlakuan SSA, Dishubkominfo Jangan Terburu-buru

timlo.net/achmad khalik
Jl Dr Rajiman Solo jadi satu arah (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Padatnya lalu lintas di Kota Solo memang memerlukan solusi jitu supaya tidak terjadi kesemrawutan di sejumlah titik. Meski begitu, kebijakan yang diambil juga harus berdasarkan pada pertimbangan yang matang tanpa harus merugikan pihak-pihak tertentu.

“Memang, Solo ini membutuhkan penanganan lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan di jalanan. Namun, harus tepat dan sesuai yang diinginkan warganya,” terang Pemerhati transportasi Solo, Muslich Hartadi, saat dihubungi wartawan baru-baru ini.

Menurutnya, kebijakan Sistem Satu Arah (SSA) yang akan diberlakukan di tiga jalan, yakni Jalan Radjiman, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Agus Salim perlu kajian lebih mendalam lagi. Dirinya khawatir dengan pemberlakuan SSA tersebut, malah justru memberikan beban terhadap jalan disekeliling kawasan SSA.

“Jangan terburu-buru, lakukan kajian lebih mendalam dengan menerima masukan dari pengguna jalan maupun warga masyarakat,” terang Mantan Ketua Pusat Studi Transportasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini.

Pemberlakuan kebijakan yang digawangi oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, lanjut Muslich, seharusnya memberikan solusi atas padatnya lalu lintas di ruas Jalan Radjiman, Perintis Kemerdekaan dan Agus Salim. Jangan malah memberikan masalah baru bagi keruwetan lalu lintas di Kota Solo.

“Kalau mau diberlakukan (SSA-red) harus tersedia rambu, melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan dan bentuk kesiapan lain. Jangan sampai membuat masyarakat bingung saat melalui jalan tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya, Dishubkominfo Solo akan memberlakukan SSA di tiga ruas jalan di Kota Solo, yakni Jalan Agus Salim, Jalan Radjiman dan Jalan PerintisKemerdekaan. Untuk Jalan Radjiman, rencananya akan dibuat searah menuju ke barat mulai dari perempatan Baron. Sedangkan, Jalan Perintis Kemerdekaan searah dari utara menuju selatan. Dan terakhi, Jalan Agus Salim akan dibuat searah menuju utara.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge