0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Panen, Menteri Pertanian Sidak Harga Gabah

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman berdialog dengan petani Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan. (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Menteri Pertanian melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke persawahan milik petani di Kelurahan Nglorog, Kecamatan Sragen dan Dukuh Tunjungsemi, Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan. Kunjungan singkat di dua lokasi tersebut Mentan menanyakan hasil panen dan memastikan harga gabah dalam musim panen kali ini.

“Untuk menlihat secara langsung hasil pertanian pada masa panen bulan ini, apakah sudah sesuai dengan harapan pemerintah. Karena Kabupaten Sragen merupakan salah satu lumbung pangan tingkat nasional,” kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Rabu (2/3).

Ketika berdialog dengan para petani di Desa Bedoro, Mentan mendapatkan masukan terkait hasil panen yang diperoleh petani. Diketahui petani hanya bisa menjual harga gabah sebesar Rp 3.200 perkilogram. Jumlah ini lebih kecil dari yang diharapkan sebesar Rp 4.200 perkilogram.

Mentan menyatakan, Badan Urusan Logistik (Bulog) siap membeli hasil panen dengan harga yang sudah disepakati antara petani dengan Bulog. Dia bahkan menjanjikan akan memberikan sebuah traktor bagi kelompok tani yang mengiluti dialog untuk digunakan secara bersama.

“Saya minta bulog untuk menyerap seluruh hasil panen para petani,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Sragen, Eka Rini Mumpuni menjelaskan, hasil panen di Desa Bedoro terdiri dari berbagai jenis padi. Target produksi padi untuk tahun ini adalah sekitar 670.000 ton. Sedangkan, luas sawah di Desa Bedoro sekitar 257 hektar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge