0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disdik Kebut Persiapan UN 2016

timlo.net/aditya wijaya
Salah satu spanduk yang terpasang di SMPN 2 Klaten untuk mensukseskan UN 2016 (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Jumlah peserta Ujian Nasional (UN) jenjang SMP, SMA/SMK sederajat di Kabupaten Klaten pada 2016 akan diikuti 30.759 siswa. Hal itu menyusul turunnya Daftar Nominasi Tetap (DNT) UN 2016 pada 25 Februari lalu.

“DNT UN 2016 sudah dicetak. Selasa (1/2) kemarin sudah diambil masing-masing kepala sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten Pantoro, Rabu (2/3).

Berdasarkan data Disdik Klaten, UN SMA/SMK sederajat bakal digelar 4-7 April dengan jumlah 12.765 siswa. Sedangkan UN SMP sederajat digelar 9-12 Mei dengan jumlah peserta 17.994 siswa.

Dijelaskan, data-data peserta UN di antaranya memuat nama, nama orangtua siswa, nomor induk siswa nasional (NISN). Pasalnya DNT menjadi acuan penerbitan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dan ijazah. Adapun revisi DNS beberapa waktu lalu paling banyak disebabkan NISN yang tidak lengkap, dan NISN ganda yang sama digunakan oleh dua siswa.

“Jika data sudah menjadi DNT maka tidak dapat dilakukan revisi lagi. Kalaupun masih ada data yang harus diperbaiki, akan membutuhkan proses lama karena sekolah harus mengurus langsung ke provinsi,” jelas Pantoro.

Sementara itu, Sekretaris Panitia UN Klaten, Lasa mengatakan, seluruh sekolah penyelenggara baik UN Computer Based Test (CBT) dan UN Paper Based Test (PBT) sudah siap menggelar UN 2016.

”Ada 26 sekolah yang fix (pasti) menyelenggarakan UN CBT. Mereka sudah lolos verifikasi sebagai penyelenggara. Sekarang ini Disdik menyiapkan penyusunan pengawas ruang UN, pengawasan dilakukan dengan sistem silang,” kata Lasa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge