0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Troketon Jadi TPA Sampah, Begini Langkah DPU

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU ESDM Klaten, Anwar Sodiq (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemkab Klaten meminta tiga warga desa di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Troketon, Kecamatan Pedan agar tidak mengkhawatirkan dampak pencemaran lingkungan. Sebab, penanganan pengelolaan sampah di TPA Troketon sangat berbeda dengan TPA di Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah.

“Kami garis bawahi, masyarakat jangan khawatir akan dampak bau, lalat, dan cairan lindi. Karena pengolahan sampah dilakukan lebih modern dengan bantuan teknologi dari Jerman. Jadi ini bukan tempat pembuangan akhir, tapi tempat pemrosesan akhir (TPA),” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan dan Kebersihan DPU ESDM Klaten, Anwar Shodiq, Rabu (2/3).

Dalam audensi di ruang Komisi 3 DPRD Klaten itu, menurut dia, sesuai Undang-Undang (UU) RI no 18/2008 tentang pengelolaan sampah, pemerintah daerah (Pemda) bertugas menjamin terselenggaranya pengelolaan sampah yang baik dan berwawasan lingkungan. Jika TPA dibiarkan terkatung-katung maka Klaten bakal darurat sampah.

“Berilah kami kesempatan. Memang urusan sampah menjadi urusan bersama sesuai amanat UU (no 18/2008). Tapi kalau tidak diselesaikan sebentar lagi kita darurat sampah,” ucap Shodiq.

Dijelaskan, pengelolaan TPA Jomboran waktu itu masih open dumping alias manual. Karena begitu sampah datang hanya ditumpuk tanpa ditimbun tanah. Akibatnya menimbulkan bau dan lalat.

“Kita mencoba pilot project sampah Troketon nanti tidak satu-satunya untuk membuang sampah. Tetapi juga memaksimalkan TPA Joho, Kecamatan Prambanan dan TPA Gemampir, Kecamatan Karangnongko dengan memanfaatkan 17 armada truk. Sehingga begitu ada sampah masuk diolah ke mesin pencacah, dipilah antara organik dan anorganik, sehingga menghasilkan wujud briket berupa pupuk kompos. Itu hasil studi banding di Jerman yang nantinya bekerjasama dengan ITB (Institut Tekhnologi Bandung),” papar Shodiq.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge