0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pabrik Mobil Esemka Mulai Dibangun

dok.timlo.net/nanin
Pabrik Mobil Esemka di Sambi, Boyolali mulai dibangun (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali —  Pabrik mobil Esemka di Desa Demangan, Sambi, Boyolali mulai dibangun. Pembangunan pabrik mobil ini sudah dimulai sejak bulan Januari lalu di lahan tanah kas desa seluas 11,4 hektar. Investor pabrik Esemka adalah PT Adiperkasa Citra Esemka Hero dengan pelaksana proyek PT Ghewantika Konstruksi.

“Ini sudah mulai tahap pemasangan rangka baja,proyek sudah berjalan 20%. Owner proyek ini adalah PT Adiperkasa Citra Esemka Hero yang berbasis di Jakarta,” kata penanggungjawab proyek, Budiyanto, saat ditemui di lokasi, Rabu (2/3).

Ditambahkan, pembangunan pabrik mobil Esemka akan dilakukan bertahap. Tahap pertama adalah pembangunan show room seluas 15 x 30 meter persegi dan assembly hall stage atau gedung perakitan seluas 60 x 100 meter persegi. Kedua bangunan ini ditarget selesai bulan Mei. Terkait kapasitas, Budi mengaku belum mengetahui secara pasti, pasalnya hal itu kewenangan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero untuk menjawabnya.

“Kami di sini hanya dikontrak untuk membangun dua gedung,” ujar Budiyanto.

Terpisah, Sekretaris Desa Demangan, Suyamto, berharap setelah pabrik Esemka selesai dibangun,warganya bisa bekerja di pabrik tersebut. Terkait tanah kas desa, Suyamto mengaku statusnya adalah disewa selama 30 tahun yang dibayarkan setiap tahun. Nilai sewa sendiri akan dievaluasi setiap tiga tahun.

“Tahun pertama nilai sewanya Rp 1000/meter. Jadi satu tahun pendapatan desa Rp 114 juta,” ungkap Suyamto.

Menurut Suyamto, warga Demangan menyambut baik pendirian pabrik mobil Esemka yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Kantor Kecamatan Sambi, 20 kilometer dari kantor kabupaten dan 8 kilometer dari Bandara Adi Soemarmo.

“Warga senang-senang saja, ada pabrik nanti kan jalan Sambi-Mangu juga bakal diperlebar,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge