0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasi Simpatik, Polres Klaten Sediakan Hadiah Motor

dok.timlo.net/istimewa
Kapolres Klaten AKBP Faizal (dua dari kanan) membantu seorang pengendara motorI mengenakan helm (dok.timlo.net/istimewa)

Klaten —¬†Polres Klaten menerapkan reward bagi pengguna kendaraan yang tertib berlalu lintas selama pelaksanaan Operasi Simpatik Candi, 1-26 Maret 2016. Pasalnya, sepanjang 2015 terjadi ratusan kasus kecelakaan di jalanan wilayah hukum Polres Klaten.

“Operasi ini menitikberatkan keamanan dan ketertiban berkendara di kawasan tertib lalu lintas (KTL) di seluruh Kabupaten Klaten. Selain itu sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Kasatlantas Polres Klaten AKP Kemas Indra Natanegara, Rabu (2/3).

Berdasarkan data Satlantas Polres Klaten, pihaknya mengeluarkan sebanyak 24.888 lembar surat Tilang dan 51.405 teguran. Kemudian ada 751 kejadian kecelakaan yang mengakibatkan kerugian material mencapai Rp 1,4 miliar. Sedangkan jumlah korban luka ringan 1.288 orang, dan meninggal dunia mencapai 156 orang.

Maka, ujar AKP Kemas, selama Operasi Simpatik Candi 2016 pihaknya tidak hanya menindak pelanggar lalu lintas yang terjaring razia, bahkan memberikan reward kepada warga yang tertib dalam berlalu lintas. Reward berupa pembagian kupon secara cuma-cuma berhadiah sepeda motor dan pembagian helm, gelas dan kaos gratis.

“Kita masih menempati lima besar dengan angka kecelakaan terbanyak di wilayah Jawa Tengah. Penyebab kecelakaan lebih banyak dikarenakan oleh kesalahan manusia, dengan korbannya masih berusia produktif. Harapannya dengan program ini masyarakat bisa terpacu untuk lebih tertib berlalu lintas,” ujar Kasatlantas Polres Klaten.

Sementara itu, hingga hari kedua pelaksanaan Operasi Simpatik Candi ini, Polres Klaten telah menindak 226 pelanggar dengan menilang 68 pelanggar, 40 teguran tertulis dan 118 teguran lisan. Sedangkan barang bukti Tilang yang diamankan berupa 4 buah SIM, 62 STNK dan 2 unit sepeda motor.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge