0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perjuangan Berat Rio Haryanto di Tes Pramusim Hari Pertama

merdeka.com
Rio Haryanto (merdeka.com)

Timlo.net – Pembalap Formula 1 (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, hanya mampu menyelesaikan 45 putaran di tes pramusim Barcelona hari pertama, Senin (1/3) kemarin. Jika tak melahap banyak lap di hari kedua sesi tes pramusim, maka Rio bakal sulit untuk bisa kompetitif di seri pertama di Australia 20 Maret mendatang.

Ambisi untuk mengalahkan Pascal Werhlein di musim pertama ini juga makin berat jika menengok catatan waktu dari kedua pembalap Manor Racing ini.

Hari pertama tes pramusim sesi kedua, Rio Haryanto mencatatkan waktu terbaik 1 menit 27,625 detik. Catatan waktu ini masih lebih lambat hampir dua detik dari torehan Werhlein di tes pramusim pertama yaitu 1 menit 25.925 detik. Padahal keduanya sama-sama menggunakan ban jenis soft saat mencatatkan waktu tersebut.

Untuk mengejar ketertinggalan ini, tak ada lagi alasan bagi Rio melakukan kesalahan di belakang kemudi MRT05. Jika tidak ada kendala teknis di hari kedua tes pramusim hari ini (2/3), maka target Rio adalah melahap sebanyak mungkin lap dengan jenis kompon ban yang berbeda. Selain itu, menorehkan catatan waktu terbaik juga menjadi tugas utama lainnya.

Rio sendiri mengaku jika sesi tes hari pertama di sirkuit Catalunya kemarin masih berjalan positif mengingat adanya kendala teknis di pagi hari.

“Sore ini (kemarin) berjalan sangat positif, sehingga kami bisa menggantikan waktu yang hilang karena kebocoran oli. Inilah gunanya masa uji coba, saya senang kami bisa cepat mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut,” ungkap Rio seperti dilansir Manor di laman Facebook resminya.

Rio juga mengungkapkan targetnya di hari kedua sesi tes pramusim yang akan berjalan sore ini (Waktu Indonesia Barat).

“Kami menyelesaikan 43 putaran (ditambah dua putaran pemanasan-red) dan juga program inti di mana saya menjalani prosedur kontrol termasuk latihan start. Uji coba pramusim begitu singkat sehingga setiap putaran sangatlah berharga. Tapi dengan sisa satu hari lagi di mobil, (hari kedua tes ini bakal digunakan) untuk simulasi balapan dan persiapan kualifikasi. Kepercayaan diri saya terhadap mobil dan tim terus meningkat seiring waktu,” tambah Rio.

[dzm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge