0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BUMN Bakal Jual Saham Merpati ke Asing?

Pesawat Merpati (dok.merdeka.com)

Solo — Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mewacanakan kembali beroperasinya maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Kendati demikian, permasalahan privatisasi perusahaan sampai kewajiban membayar pesangon bekas karyawan harus diselesaikan terlebih dahulu.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro mengaku, punya harapan dengan adanya dana segar dari pemerintah serta beberapa investor asing yang siap menanamkan modalnya di Merpati.

“Kita berharap Merpati ini hidup, maka ada restrukturisasi, dana revitalisasi yang kemarin Rp 500 Miliar, kan tidak ada uang untuk pailit, tidak ada karena sesuai UU kalau pailit ya itung-itung saja itu,” ujar Aloysius di Jakarta, Selasa (1/2).

Menurut dia, keputusan privatisasi Merpati saat ini sudah harus diputuskan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian. Setelah itu, baru akan diumumkan kepada calon investor setelah menyelesaikan tanggung jawab bekas karyawan yang masih harus dirampungkan pada tahun ini.

“Belum, kan kalau privatisasi itu sudah di menko suratnya, sekali menko sudah tanda tangan kita launching, kita undang mau darimana saja kita undang, kalau dari luar itu di bawah 50 persen, kalau dari dalam itu boleh lebih diatas 50 persen, Kita siap sampai nol, Silahkan ke swasta semua, Tetapi tanggung jawab kita itu sama ke karyawan ini kita harus selesaikan hak nya, Kemudian yang baru harus berusaha untuk menghidupkan kembali ijin-ijin operasional dari Kemenhub,” jelas dia.

Aloysius menambahkan beberapa investor datang dari beberapa negara terkait keinginannya menanamkan modal. Menurut dia nama besar Merpati masih diperhitungkan banyak pihak.

“Yang dulu itu ada dua, ada dari China lalu ada yang konsorsium dari eropa dengan lokal, tapi kita belum oke kita minta sabar, karena kita meminta ini, ijin dulu setelah itu kita launching. Tahun ini sudah rampung soal karyawan,” tandas dia.

[sau]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge