0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Perangkat Desa yang Belum Melek IT

timlo.net/nanin
Perangkat desa dari 19 Kecamatan di Boyolali ikuti pembekalan pengelolaan keuangan desa berbasis tekhnologi (timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang penerapan pengelolaan keuangan desa berbasi tekhnologi, sebanyak 57 perangkat desa mengikuti pembekalan di Pendopo Ageng, Komplek Kabupaten Boyolali. Pembekalan akan berlangsung selama tiga hari oleh Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Jateng.

“Masih banyak perangkat desa yang belum melek IT, terutama dalam pengoperasian komputer,” kata Kasubag Keuangan dan Kekayaan Desa Bagian Pemdes, Rani Nur Murbarani, Selasa (1/3).

Kedepannya, untuk perekrutan perangkat desa minimal berijasah SMA dan memiliki keahlian IT, minimal dapat mengoperasikan MS Word dan Exel. Penerapan pengelolaan keuangan berbasis IT nantinya akan mendukung semua sistim pelaporan keuangan yang nantinya akan terhubung langsung di tingkat kabupaten.

Sementara itu, Kepala Bidang Akuntabilitas Pemerintahan Daerah BPKP Jateng, Muhammad Sugeng mengatakan, aplikasi sistim managemen daerah (Simda) ini nantinya setiap transaksi keuangan desa bisa langsung dipantau di kabupaten. Hanya saja, penerapan ini terkendala dengan akses internet yang belum dimiliki semua desa. Namun, pihaknya tidak mempermasalahkan bila hasil input untuk sementara dikirim melalui hard copy atau lewat email.

“Sistim ini nantinya akan mempermudah melakukan pemantauan keuangan desa,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge