0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waduk Cengklik Bakal Dikeruk Tahun Ini

dok.timlo.net/nanin
Waduk Cengklik, Ngemplak, Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Tiga kali gagal dikeruk, Waduk Cengklik, Ngemplak, Boyolali, bakal dikeruk tahun ini. Pemerintah pusat menyiapkan anggaran Rp 29 Milliar.

“Tapi kapan waktu tepatnya, masih menunggu informasi dari Pemprov Jateng, sebagai pelaksana proyek,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Boyolali, Agung Supardi, Selasa (1/3).

Agung berharap, pengerukan tahun ini tidak lagi ditunda. Pasalnya, sendimentasi waduk Cengklik saat ini sudah melampui ambang batas. Dampaknya, setiap musim kemarau, petani di wilayah Ngemplak dan Sambi sering kesulitan air untuk mengairi areal persawahan mereka. Ini dikarenakan sendimentasi waduk mengakibatkan debit air yang ditampung menjadi berkurang.

“Tidak hanya petani, pemilik karamba juga mengeluhkan hal yang sama,” tambahnya.

Namun, pihaknya meminta pemprov Jateng dalam hal ini Balai Pengelolaan Sumber Daya Air, untuk melakukan sosialisasi kepada pemilik karamba sebelum dilakukan pengerukan. Hal ini untuk menghindari konflik dengan pemilik karamba.

“Paling tidak 4 atau 5 bulan sebelum dikeruk dilakukan sosialisasi, biar petani karamba tidak menabur benih dulu,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge