0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Lumpuhkan “Teroris” di Alun-Alun Klaten

Polres Klaten menggelar pelatihan penanggulangan teror (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten —  Puluhan anggota Polres Klaten menggelar latihan simulasi penanganan terorisme di kawasan Alun-alun Klaten, Selasa (1/3). Kegiatan tersebut sesuai instruksi Kapolri untuk mencegah aksi serupa yang terjadi kawasan Thamrin, Jakarta, pertengahan Januari lalu.

“Sesuai instruksi Bapak Kapolri, untuk mengantisipasi teror seperti Jakarta yang mana meledakan pos polisi, maka kita mengamankan Mako (markas komando) seperti pos polisi, markas Polres, termasuk personelnya,” ujar Wakil Kepala (Waka) Polres Klaten Kompol Hendri Yulianto, Selasa (1/3).

Dari pantauan Timlo.net, latihan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB itu mengambil lokasi di satu ruas jalan Alun-alun depan Taman Kota Klaten yang untuk sementara waktu ditutup. Berbagai unit satuan polisi seperti Reserse, Polwan, Inafis (Indonesia Automatic Finger System), Polisi Lalu Lintas, Sabhara, hingga instruktur dari Satuan Brimob Polda Jateng Detasemen C Surakarta ikut dilibatkan.

Dijelaskan Kompol Hendri, materi pelatihan simulasasi penanganan anti teror dilakukan sesuai fungsi masing-masing satuan. Mulai dari bagaimana jika terjadi penemuan bom, ledakan bom, mobil tahanan kejakasaan dihadang, hingga pengejaran lalu penggerebakan teroris. Direncanakan, pekan depan akan digelar simulasi yang tidak hanya melibatkan personel Polri, tapi juga TNI, dan Kejaksaan.

“Di wilayah kita kan kemarin ada penggerebakan. Untuk antisipasi saja, bukan suudzon kalau wilayah kita ada teroris atau tidaknya. Nanti saat pelaksaan, unsur Muspida juga kita undang, dan tentu saja pihak TNI kita libatkan juga karena wajib ikut serta,” jelas Waka Polres Klaten.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge