0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasar Kembang Solo, Bukan Sekedar Tempat Jual Beli

timlo.net/daryono
Pasar Kembang Lantai 2 (timlo.net/daryono)

Solo – Pasar tradisional kini tidak lagi sekadar tempat membeli dan menjual barang. Lebih dari itu, pasar bisa juga menjadi tempat berdiskusi, memperluas relasi dan membuka peluang untuk mendongkrak ekonomi. Hal itulah yang dilakukan komunitas tagar #KotaSolo pada Pasar Kembang (Pakem) lantai 2.

“Selain galeri produk, Pakem juga menjadi ruang workshop dan co-working space,” kata Koordinator Pakem lantai 2, Budi Prajitno saat dihubungi Timlo.net, Senin (29/2).

Sebagai galeri bersama, Pakem lantai 2 menyedikan space bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk memajang produknya. Namun, Budi berharap, barang yang dipajang bukan produk yang banyak ditemui di pasaran.

“Kita ingin barang-barang yang dipajang disini bukan barang pasaran. Kita lebih memprioritaskan barang unik, meski baru sampel. Setiap dua pekan, akan kita tentukan tema tertentu,” ujar dia.

Adapun space workshop, jelas Budi, bakal digunakan untuk mengadakan pelatihan dan diskusi produktif yang bertujuan menginspirasi dan mengembangkan wawasan, ketrampilan dan keahlian UKM. Sementara fungsi co-working space yakni menyediakan ruang bekerja dan fasilitas yang nyaman bagi UKM, sekaligus membuka peluang untuk saling berkolaborasi meningkatkan dan mengembangkan usaha.

Ide mengembangkan Pakem lantai 2, tambah Budi, didasari kondisi Pakem lantai 2 yang selama ini tidak termanfaatkan. Lantaran itulah kemudian muncul gagasan memanfaatkan sebagai galeri bersama dan workshop space.

Pelaksana Harian Pakem lantai 2, Ahmad Dhafir mengatakan setelah dilakukan soft opening Minggu (28/2) kemarin, Pakem Lantai 2 akan buka setiap hari mulai pukul 14.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

“Sementara buka mulai jam 02.00 siang. Kalau dibutuhkan ya bisa saja buka lebih awal,” ujar dia.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge