0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Saksikan Gerhana Matahari dari Bangka Belitung

sumber: www.indonesia.travel
Pantai di Belitung (sumber: www.indonesia.travel)

Timlo.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menyaksikan gerhana matahari total (GMT) dari Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung pada 9 Maret mendatang. Dalam kesempatan yang sama, digelar panggung kolosal “Mendulang Timah” karya Andrea Herata.

“Nantinya ada musisi Dwiki Dharmawan dan koreografer Eko Pece Supriyanto dalam rangka acara Puncak GMT di Belitung. Acara ini akan dimulai setelah GMT lewat pada pukul 7, jadi sekitar pukul 9 pagi acara ini dimulai menghibur wisatawan dan pak Jokowi,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bangka Belitung, Tadjudin, seperti rilis yang diterima Timlo.net, Senin (29/2).

Karya ini sangat mengedepankan kearifan lokal. Pasalnya, sinopsis yang dikedepankan oleh acara ini adalah kegiatan asli masyarakat Belitung dan juga hasil karya seorang seniman yang membantu promosi Belitung di tanah air.

“Andrea Hirata termasuk orang yang berjasa mengangkat nama Belitung dengan karya filmya Laskar Pelangi, dan dia akan menampilkan keaslian masyarakat kami lewat seni kolosal nanti. Nantinya akan banyak tarian yang tubuhnya dilumuri timah. Sangat artisitik dan maha karya seni yang patut disaksikan,” ujarnya.

Targetnya, 100 ribu pengunjung wisatawan nusantara dan 10 ribu wisatawan mancanegara. Selain itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga menyatakan sebanyak 150 astronom asal Amerika Serikat akan berkunjung ke Kabupaten Belitung untuk menyaksikan GMT.

“Kita sudah menerima perwakilan astronom asal Amerika Serikat untuk melihat langsung akomodasi, penginapan, sarana dan prasarana yang dipersiapkan pemerintah daerah,” kata Kabid Promosi dan Pemasaran Disbudpar Kepulauan Bangka Belitung, Ahmad Yani Hazir.

Ia menjelaskan pemerintah provinsi dan kabupaten telah sudah mempersiapkan berbagai agenda pariwisata, sosialisasi, menyambut gerhana matahari total di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, Belitung Timur dan Kabupaten Bangka Tengah. Selain itu, kata dia, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kementerian Ekonomi, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perhubungan dalam mengoptimalkan persiapan menyambut GMT.

“Alhamdulillah banyak astronom, pelajar dan wisatawan mancanegara dan nusantara yang meminati gerhana matahari total ini,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge