0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lagi, Pemkot Solo Bangun Rumah Deret Rp 5 Miliar

Rumah deret (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Pembangunan rumah deret di sepanjang bantaran Kali Pepe kembali dilanjutkan. Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) membangun rumah deret di Kestalan, Banjarsari dengan anggaran sekitar Rp 5 miliar.

“Tahun ini melanjutkan di sisi barat Jembatan Pasar Legi. Rumah deret itu terdiri 8 unit dengan anggaran Rp 5 miliar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo, Endah Sitaresmi kepada wartawan, Senin (29/2).

Menurut Sita, konsep rumah deret Kestalan masih sama dengan rumah deret sebelumnya di Kepabron yakni terdiri hunian dan kios. Hunian berada di atas sementara kios berada di bawah. Namun, untuk rumah deret Kestalan nanti, kios akan dibuat terbuka lantaran bakal diperuntukkan untuk kios tanaman, sesuai calon penghuni rumah deret Kestalan.

“Kiosnya nanti terbuka. Tidak dibuat tembok seperti yang sisi timur,” ujar dia.

Sita melanjutkan, saat ini pihaknya tengah membenahi Detail Enginering Design (DED) rumah deret Kestalan. Pembenahan itu perlu dilakukan lantaran perlu disinkronkan dengan pembangunan lain yakni proyek pedestrian dan pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di wilayah tersebut.

Kedepan, tambah Sita, pembangunan rumah deret di sepanjang Kali Pepe bakal terus dilakukan. Pembangunan rumah deret itu bagian penataan Kali Pepe. Sita merencanakan masih perlu dibuat lagi dua rumah deret di 2017.

“Untuk membangunan dua rumah deret itu butuh anggaran sekitar Rp 14 milir – Rp 15 miliar,” ujar dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge