0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KTP Anak Belum Efektif Diterapkan di Wonogiri

Kantor Disdukcapil Wonogiri (doktimlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP anak merupakan sebuah keharusan. Dibandingkan kota-kota besar lainnya, di Wonogiri, KIA ini belum saatnya diterapkan, mengingat wilayah dan topografinya.

“Berkaitan dengan status hukum dan peruntukannya, KIA itu harus hukumnya,” ungkap Kepala Disdukcapil Wonogiri, Sungkono, Senin (29/2).

Sedang pembuatan KTP khusus anak ini, kata Sungkono, merupakan salah satu  hak konstitusional anak sebagai warga negara Indonesia dari pemerintah. Anak nantinya memiliki tanda bukti sebagai warga negara yang sah, layaknya orang dewasa.

Di sisi lain, ada informasi yang menyebutkan, sejumlah perusahaan memberikan diskon pembelian produk anak. Syaratnya, bisa menunjukkan KTP khusus anak. Kondisi ini berlaku di kota-kota besar.

Dari hasil pengamatannya, di Wonogiri sama sekali tidak ada perusahaan atau swalayan yang memberikan diskon bagi pemegang KIA. KTP hanya digunakan untuk keperluan administratif, seperti mendaftar ke sekolah atau ke satuan kesehatan seperti rumah sakit.

“Itu hanya contoh kecil, tapi yang pasti secara teknis penggunaan, di Wonogiri ini tidak seefektif kota besar,” katanya.

Ditambahkan, hingga kini belum ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari pusat, sehingga pihaknya masih menunggu petunjuk pemerintah pusat.

“Blankonya seperti apa, dan sebagainya, belum ada. Informasi yang kami dapat, akan ada pembahasan soal itu dalam rapat koordinasi nasional di Palembang. Tapi kami sudah melaksanakan pendataan terhadap anak. Sampai saat ini jumlah anak berusia di bawah 17 tahun ada 300-an ribu,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge