0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satya Wacana Akhiri Seri III dengan Kemenangan

Satya Wacana Salatiga (dok.timlo.net/aryo)

Solo — Klub basket andalan Jateng, Satya Wacana Salatiga (SWS) berhasil mengakhiri laga seri III kompetisi IBL 2016 dengan kemenangan. SWS menang 61-50 atas Hangtuah Sumsel di GOR Amongrogo, Minggu (28/2) kemarin.

Kemenangan ini membawa Satya Wacana naik ke peringkat tujuh klasemen sementara IBL, serta melempar Hangtuah ke posisi kedelapan. Kedua tim sama-sama memiliki 24 poin, namun Satya Wacana unggul dalam rekor pertemuan.

Kedua tim menunjukkan defense ketat pada kuarter pertama, sehingga minim kejar-kejaran angka. Skor sama kuat 8-8 menjadi penanda berakhirnya kuarter pertama. Satya Wacana mulai kesulitan menahan gempuran bigman Hangtuah di kuarter kedua. Masuknya Andrie Ekayana turut menambah kekuatan Hangtuah.

Melalui skill individu yang sangat baik, Yayan berhasil mencetak 10 points, dan membawa Hangtuah unggul jauh 26-17. Di sisa waktu dua menit, Satya Wacana berusaha mengejar, hingga menipiskan ketinggalan 20-26 saat buzzer kuarter kedua berbunyi.

Penampilan Satya Wacana mengalami peningkatan di kuarter tiga. Skema fastbreak menjadi andalan mereka untuk mendulang poin.Serangan cepat yang diakhiri lay up Budi Sucipto, akhirnya membawa Satya Wacana berbalik unggul 33-32. Meski sempat disusul, Satya Wacana berhasil menjaga keunggulan setengah bola 35-34 pada akhir kuarter ketiga.

Satya Wacana sempat kedodoran di awal kuarter empat, dan dimanfaatkan Hangtuah untuk berbalik unggul 41-37. Namun, Satya Wacana tak tinggal diam, dan kembali berhasil menungguli perolehan poin lawan. Aksi individual dari Rionny Rahangmetan juga sering membuat pertahanan Hangtuah kewalahan.

Menjelang berakhirnya game, Hangtuah menipiskan ketinggalan menjadi hanya satu points. Namun, karena terlalu terburu-buru Hangtuah gagal untuk comeback. Satya Wacana kembali mencetak tambahan points, sebelum menutup pertandingan dengan kemenangan 61-50.

Dalam laga ini, dua pemain Satya Wacana lainnya, Respati Ragil Pamungkas dan Budi Sucipto juga membukukan 14 angka. Sementara dari kubu Hangtuah,Andrie Ekayana menjadi pencetak angka terbanyak timnya dengan torehan 12 poin.

Pelatih SWS, Efri Meldi usai laga mengatakan timnya pantas bangga dengan torehan sejarah menjadi tim pertama yang mampu mengalahkan Hangtuah berturut-turut. “Di awal saya menginstrusikan kepada para pemain untuk tidak terlalu tergantung kepada Ragil seorang, karena kita adalah satu tim,” ujar Efri.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge