0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ponpes Hanacaraka Cetak Budayawan dan Agamawan

timlo.net/tarmuji
Pembina Ponpes Hanacaraka, Harmoko (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Pondok pesantren (ponpes) Modern Hanacaraka Wonogiri memperingati ulang tahunnya yang kelima. Ponpes tersebut bakal tetap eksis dengan metode pembelajaran agama bersanding dengan budaya.

“Untuk budaya kita mencetak budayawan, soal agama kita membentuk agamawan. Sehingga mereka akan tahu kalau budaya itu dimata agamawan tidak sejelek mereka bayangkan, dan sebaliknya,” ungkap Pengasuh Ponpes Modern Hanacaraka, Ahans Mahaby, Minggu (28/2).

Dikatakan, budaya termasuk budaya Jawa dapat membentuk karakter manusia berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia. Budaya juga mampu menambah nilai lebih keagamaan terutama agama Islam lebih dinamis.

“Kami tetap akan eksis dengan berpijak pada agama dan budaya,” katanya.

Ditambahkan, dengan budaya dimasukkan dalam pendidikan keagamaan, generasi penerus kita dapat lebih memahami arti kehidupan, melalui berbudi pekerti luhur, dan bertutur kata yang baik. Sekarang ini Ponpes Modern Al Bitsah atau dikenal dengan Ponpes Hanacaraka sudah mempunyai santriwan dan santriwati sebanyak 80 orang di tingkat TK/SD sederajat. Sementara ini baru jenjang itulah yang ada di

“Kami tahun depan akan membangun RA dan MA, karena itu sangat penting,” tandasnya.

Sementara itu pembina Ponpes Hanacaraka, Harmoko yang juga mantan Menteri Penerangan era orde baru, mengharapkan, akan semakin banyak pihak yang peduli pada pengembangan dunia pendidikan berbasis budaya Islam.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge