0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinkes Bentuk Tim Buru Sergap Nyamuk dan Jentik

timlo.net/nanin
Plt Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Lina (timlo.net/nanin)

Boyolali — Dinas Kesehatan Boyolali membentuk Tim Buru Sergap (Buser) Nyamuk dan Jentik, sebagai langkah mencegah penyakit demam berdarah. Tim ini akan dibentuk dari lapisan atas hingga bawah dan melibatkan masyarakat.

“Kita juga bentuk Tim Buser ini ditingkat sekolah, mereka nanti akan kita latih bagaimana memberantas sarang nyamuk,” kata Plt Kepala Dinkes, Ratri S Lina, Minggu (28/2).

Dilibatkanya pelajar dalam pemberantasan nyamuk, mereka nantinya bisa membantu Dinkes menularkan informasi PSN ke keluarga. Pemberantasan sarang nyamuk ini guna menekan serangan DBD tidak bisa hanya dilakukan Dinkes saja. Namun masyarakat sangat diperlukan dalam hal ini.

“Kita rencananya juga akan melibatkan TNI Polri,” imbuhnya.

Pemberantasan nyamuk Aides Aigpyt paling efektif dengan PSN. Dulu, masyarakat tiap ada yang terserang DBD selalu mendesak untuk diadakan foging. Padahal, foging hanya mampu membunuh nyamuk dewasa. Sedangkan jentik-jentik nyamuk tidak tersentuh.

“Siklus nyamuk Aides Aigpty 10 hari, bersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang jentik, putus mata rantainya,” tambahnya.

Beberapa lokasi yang selama ini sering menjadi tempat perkembangbiakan jentik namun terabaikan. Seperti misalnya lubang tiang bendera, tempat minum dispenser dan tempat minuman burung.

“PSN dua minggu sekali akan memutus mata rantai perkembangbiakan jentik nyamuk,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge