0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kapasitas TPA Joho Hampir Penuh, Pemkab Putar Otak

timlo.net/aditya wijaya
Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU ESDM Klaten, Anwar Sodiq (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten tengah menyiapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sementara di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko. Pasalnya, TPA di Desa Joho, Kecamatan Prambanan, yang saat ini digunakan diperkirakan sudah tidak bisa lagi menampung sampah dalam waktu lima bulan ke depan.

“Joho sudah mau penuh, nanti sementara dipindahkan ke Gemampir. Tapi saat ini sedang memasuki tahap perijinan lingkungan di Badan Lingkungan Hidup (BLH),” ujar Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pertamanan DPU ESDM Klaten M Anwar Shodiq, Minggu (28/2).

Dikatakan, TPA Joho yang luas lahannya kurang lebih 7.000 meter persegi itu bersifat sementara dan disewa sampai pertengahan tahun 2016. Sebab pada awal 2015 lalu, TPA permanen di Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah sudah ditutup warga setempat lantaran kondisinya tidak layak. Sehingga DPU ESDM Klaten menggunakan lahan TPA Joho hingga akhir 2015 dan diperpanjang diawal tahun ini.

“Target kami beroperasional (TPA Gemampir) Juni. Masuk ke BLH, masih menunggu sidang pembahasan Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL). Setelah itu mengurus perizinan ke DPU Jawa Tengah. Tapi ini rekomendasi ijin (UKL, UPL) di BLH belum keluar perijinan karena masih menunggu jadwal sidang selesai pembahasan,” kata Sodiq.

Untuk antisipasi, pihaknya tetap mengupayakan perpanjangan TPA Joho dengan cara menyewa lahan tidak produktif milik warga yang berada di sebelah lokasi TPA. Namun demikian hingga saat ini rencana tersebut masih dalam proses.

“Belum fix, masih proses. Nanti kalau Gemampir deal, penanganannya hampir sama dengan Joho. Sampah yang datang langsung ditimbun tanah dan disemprot cairan agar tidak berbau dan tidak ada lalat,” ucap Sodiq.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge