0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Meski Telah Siap, UNBK Tidak Boleh Gegabah

Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Joko Riyanto (timlo.net/eko prasetyo)

Solo — Sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kota Solo telah siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Meski demikian, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Solo mewanti-wanti agar tidak gegabah asal mengikuti UNBK.

“Okelah siswanya siap, sumberdaya manusia atau guru siap, tapi yang perlu dicermati adalah alat-alatnya harus benar-benar valid, karena menyangkut masa depan,” ungkap Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Joko Riyanto kepada Timlo.net, di Solo, Minggu (28/2).

Karena sejauh ini berdasarkan pengalaman hasil simulasi, kevalidan alat masih sering terjadi kendala, salah satunya, kata Joko, saat tiba-tiba listrik mati.

“Terjadi drop, alat mengendrop,” ujarnya.

Sementara itu kata Joko, untuk pelaksanaan ujian nasional 2016 ini, ada sekitar delapan sekolah yang bakal melaksanakan ujian nasional yang menggunakan berbasis komputer.

“Diantaranya sekolah Muhammadiyah Kota Solo yang pasti ikut UNBK, SMP Muhammadiyah 5 Solo, SMP Muhammadiyah 2 dan SMP Muhammadiyah 4. Untuk SMA, SMA Muhammadiyah 1 dan 2, sedang SMK, SMK Muhammadiyah 1, 4 dan 3,” jelas Joko.

Namun demikian, kata Joko, dengan penyempurnaan berbagai alat menyangkut perangkat komputer disertai intensitas pelatihan sumberdaya manusia, juga intensitas simulasi, tahun depan sekolah-sekolah Muhammadiyah sudah bisa mengikuti UNBK seluruhnya.

“Bagi Muhammadiyah, pelaksanaan UNBK sangat kami apriasi, karena banyak manfaatnya, baik bagi sekolah, siswa, guru, maupun efisiensi,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge