0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mitos di Balik Gerhana Matahari Jadi Daya Tarik Wisata

Gerhana matahari total (merdeka.com)

Timlo.net – Berbagai mitos di balik peristiwa gerhana matahari total (GMT) menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Story line yang berbasis pada cerita rakyat itu justru lama membekas dan menjadi bahan perbincangan publik.

“Kalau di Jawa, itu sedang terjadi pertempuran hebat antara Bethara Kala melawan Bethara Guru. Kepala raksasa Bethara Kala berhasil dipenggal, tetapi dia sudah terlanjur menelan matahari. Karena itu, warga diminta membunyikan lesung dengan alu (penumbuk gabah-red), agar sang surya dimuntahkan kembali,” cerita Menteri Pariwisata, Arief Yahya, seperti rilis yang diterima Timlo.net, Sabtu (27/2).

Orang modern yang lebih mempercayai science memang sudah tidak percaya dengan mitologi seperti itu. Tetapi, justru cerita-cerita seperti itulah yang membuat fenomena alam yang terjadi dalam 350 tahun itu menjadi seru.

“Di pariwisata, kekayaan cerita-cerita seperti itu menjadi salah satu atraksi tersendiri,” jelas dia.

Cerita apa saja dari semua daerah, kata Arief Yahya, itu akan memperkaya khazanah budaya dan tradisi di negeri ini. Kementerian Pariwisata sendiri telah menyiapkan sedikitnya 100 event budaya yang digelar di sejumlah wilayah tanah air selama GMT berlangsung.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge