0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Pencabulan Tinggi, Ganjar: Harus Diteliti Tuntas

foto: Putra
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (foto: Putra)

Wonogiri – Kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur di kabupaten Wonogiri tergolong tinggi. Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menggandeng para ahli dari perguruan tinggi (PT) untuk terjun meneliti kasus-kasus tersebut.

“Tenang saja Pak Jekek (Bupati Joko Sutopo-red), kita akan bantu menyelesaikan PR anda,” ungkap Ganjar Pranowo, Sabtu (27/2).

Dalam kunjungannya ke Wonogiri saat serah terima jabatan (sertijab) Bupati-Wakil Bupati, Ganjar menyebutkan ada 17 pekerjaan rumah (PR) besar yang dihadapi 17 kabupaten/kota di Jateng. Diantaranya kekeringan, infrastruktur rusak, dan khususnya Wonogiri adalah tingginya kasus pencabulan.

“Pencabulan, kekerasan terhadap anak dan perempuan di sini, sangat tinggi. Saya heran ada apa ini?,” katanya.

Dikatakan, masalah pencabulan terjadi cukup lama. Sehingga untuk menekan kejadiannya, tidak cukup hanya mengandalkan tindakan menangkap pelaku dan menjebloskannya ke penjara. Ia minta permasalahan ini diusut sampai pada pokok permasalahannya.

“Apakah hal ini ada kaitannya dengan mitos-mitos di masa lalu? Mungkin mitos yang berhubungan dengan itu. Kalau ada, sudah sepantasnya untuk diluruskan. Yang jelas harus diteliti tuntas,” ujarnya.

Ditambahkannya,penelitian secara tuntas,itu harus melibatkan para peneliti yang kompeten. Peneliti dari lembaga berbadan hukum, yakni dari PT.

“Nanti kita undang dari PT untuk melakukan penelitian. Hasil mereka bisa dijadikan bahan dan dasar untuk menentukan kebijakan maupun langkah memberangus pencabulan itu,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge