0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satya Wacana Menang Perdana

timlo.net/aryo yusri atmaja
Kapten Satya Wacana, Respati Ragil saat berduel dengan pemain Stadium Happy 8 Jakarta (timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo – Tim basket wakil Jateng, Satya Wacana Salatiga (SWS) akhirnya memetik kemenangan pertama seri III kompetisi IBL 2016 Yogyakarta. Adalah laga keempat yang dibukukan dengan kemenangan, usai mengalahkan JNE Bandung 72-53 di GOR Among Rogo, Sabtu (27/2).

JNE Bandung Utama sebenarnya langsung tancap gas dengan unggul terlebih dahulu memimpin perolehan angka menjadi 5-0. Namun Satya Wacana bangkit dan membalikkan keadaan menjadi 10-7 di lima menit awal kuarter pertama. SWS menutup kuarter pertama dengan skor 24-11.

Memasuki kuarter kedua tempo permainan kedua tim melambat. Sebenarnya offensive rebound yang dilakukan Bandung Utama cukup banyak, tetapi hal tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik untuk menghasilkan point. Buzzer beater dari Vincent Sanjaya memperlebar keunggulan Satya Wacana dan mengakhiri kuarter kedua dengan skor 38-18.

Selepas half time ketajaman Satya Wacana menurun. Mereka baru bisa menambah perolehan angka ketika kuarter tiga telah memasuki menit keempat.

Namun skema fast break yang ditunjukkan Satya Wacana di kuarter ini berhasil menambah pundi-pundi perolehan angka mereka. Satya Wacana mengemas sembilan fast break points di kuarter ini. Skor 52-28 menutup kuarter ketiga masih untuk keunggulan Satya Wacana.

Di kuarter keempat Bandung Utama mencoba mengejar ketertinggalan melalui tembakan tiga angka. Sebanyak empat three-points-shoot sukses membuahkan points bagi Bandung Utama.

Akurasi tembakan mereka juga mengalami peningkatan dibanding kuarter sebelumnya. Bahkan Bandung Utama sama sekali tidak melakukan turn over di kuarter ini.

Namun jauhnya margin ketertinggalan membuat mereka belum berhasil membalikkan keadaan. Satya Wacana mengakhiri pertarungan di kuarter keempat dengan kemenangan 72-53.

Pelatih Satya Wacana, Efri Meldi usai laga menuturkan kemenangan timnya lebih dikarenakan bermain tanpa beban. Mental bertanding anak asuhnya juga sedang dalam kondisi bagus.

“Game plan kami hari ini berjalan dengan baik, secara mental dan psikologis pemain juga lebih baik di pertandingan hari ini. Setelah unggul jauh dalam perolehan angka, saya menginstruksikan anak-anak untuk lebih memainkan tempo,” ucapnya.

Dengan hasil ini, JNE Bandung Utama masih bertengger di posisi sembilan klasemen sementara dengan total raihan 20 point . Sementara Satya Wacana Salatiga masih akan melakoni laga terakhirnya esok hari, Minggu (28/02) melawan Hangtuah Sumsel.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge