0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspada! Coretan di Tembok Rumah Bisa Jadi Kode Maling

dok.merdeka.com
Ilustrasi pencuri membobol rumah (dok.merdeka.com)

Solo —¬†Waspadalah jika mendapati rumah anda dicorat-coret orang tak dikenal. Selain perbuatan orang iseng, ternyata coretan di tembok ini adalah media komunikasi sindikat pembobol rumah kosong.

“Modus mereka kerap kali berganti, kali ini yang ditemukan petugas di lapangan adalah dengan menggunakan coretan pada tiang listrik, tiang telepon atau tembok rumah,” ungkap Kasubag Humas Polresta Solo, AKP Yuliantara Prorianta, Sabtu (27/2).

Yuli demikian dia biasa disapa mengungkapkan, coretan itu berisi kode yang dipahami oleh komplotan pencuri. Kode ini berisi peringatan keamanan lingkungan sasaran, rumah target, dan jam beroperasi.

“Mereka ini telah memiliki pembagian tugas, ada eksekutor pencurian, ada pemetaan keamanan dan lainnya. Nah kode ini ditulis oleh orang yang memetakan keamanan target sasaran,” kata dia.

Dijelaskan, komplotan ini menggunakan tanda silang untuk pemetaan keamanan. Jika kode silang berwarna merah, berarti kawasan perumahan itu ada penjaganya. Sebaliknya, jika tak ada penjaganya, tanda silang akan berwarna putih.

Kode PA digunakan untuk “Posisi Aman” yang biasanya diikuti kode angka yang artinya adalah jam beroperasi. Kemudian ada juga kode STRONG yang berarti target sasaran sangat longgar keamanannya, sehingga bisa langsung dilancarkan aksi pencurian.

“Misalnya kode PAB2 524-STRONG. Artinya posisi aman pada rumah blok 2 pada jam 5 sore hingga pukul 04 pagi. Lokasi berkode STRONG untuk jadi target sasaran pencurian,” terangnya.

Berdasarkan ungkap kasus, kode-kode ini telah ditemukan di berbagai kota besar di Indonesia. Karenanya Polresta Solo segera melakukan sosialisasi terhadap masyarakat di wilayah hukum mereka untuk mewaspadai aksi dari komplotan ini.

“Segera cat ulang tiang atau tembok jika melihat tanda atau sandi yang mencurigakan,.” papar AKP Yuli.

Selain itu dirinya menyarankan untuk berkomunikasi dengan tetangga, jika rumah akan ditinggal dalam keadaan kosong. Selain itu pemasangan CCTV juga sangat membantu untuk pengamanan rumah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge