0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jam Masuk Kerja PNS Pemkot Solo akan Digeser

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sedang mengkaji kembali jam masuk pegawai negeri sipil (PNS). Selain untuk memecah kemacetan di pagi hari, pengkajian itu juga sekaligus mengevaluasi kinerja PNS.

“Akan kita cek (jam masuk kerja PNS). Kita sinkronkan dengan Dishubkominfo (Dinas Perhubungan Komunikasi dan Indormatika) dan pendidikan (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga). Karena di pendidikan itu masuknya jam berapa sampai jam berapa? SD, SMP, SMA masuk jam berapa? Supaya kemacaten itu tidak terjadi setiap pagi,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Sabtu (27/2).

Menurut Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, pergeseran jam masuk PNS sangat mungkin dilakukan. Yang terpenting pergeseran jam masuk PNS tidak mengurangi jam kerja PNS yakni selama 37,5 jam selama satu pekan. Dengan demikian, jam kerja PNS bisa dibuat lebih pagi atau lebih siang selama jumlah jam kerja selama satu pekan tetap memenuhi 37,5 jam.

Untuk diketahui, saat ini, PNS Pemkot Solo masuk pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB dengan waktu istirahat selama 30 menit. Ketentuan itu berlaku Senin sampai Kamis. Sementara di hari Jumat, PNS Solo masuk pukul 07.00 WIB sampai 11.00 WIB.

“Sebenarnya masuk lebih siang, pulang agak sore itu tidak penting. Yang penting itu, jam kerja efektif itu 37,5 jam itu betul- betul dimanfaatkan PNS atau tidak? Percuma saja masuk jam 08.30 WIB kalau malas-malasan,” ujar dia.

Lebih jauh, Rudy menerangkan, kepastian evaluasi jam kerja PNS dilakukan setelah pengkajian selesai dilakukan. Pengkajian tidak hanya meliputi jam kerja tetapi juga menyangkut efektivitas pelayanan dan seragam.

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge