0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korban Saipul Jamil Masih Menjalani Proses Asesmen

Saipul Jamil (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Paska tindak pencabulan yang dilakukan oleh Saipul Jamil, saat ini korbannya yaitu remaja berusia 17 tahun dengan inisial DS tengah menjalani proses rehabilitasi. Saat ini DS sendiri tengah ditangani oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dan untuk sementara ijin tak bisa hadir di sekolah.

“Proses asesmen sudah dilakukan ada tenaga ahli, proses pertama sudah dilakukan. Termasuk pendampingan keluarga, mengisi kekosongan dengan kegiatan. DS ini suka futsal, itu yang kita dorong, menghilangkan yang lalu dengan kegiatan-kegiatan positif. Supaya tidak sendirian,” tutur ketua KPAI, Asrorun, Jumat (25/2).

Tindakan Saipul Jamil ternyata meninggalkan trauma kepada korban hingga sekarang. Saipul Jamil sendiri dilaporkan oleh DS pada pagi hari tanggal 18 Februari 2016, dan lantas dimintai keterangan dan ditangkap oleh polisi.

“Dia pindah dari rumah asal, untuk tenang. (Saat) Dia sendiri muncul ketakutan-ketakutan, suara-suara, yang mengingatkan. Trauma itu sakit psikis, tentu ada proses pemulihan. Soal berapa lama sangat terkait pada sejauh mana kondisi traumatiknya, ada ringan, berat dan sangat berat. Lalu sejauh mana lingkungan membantu pemulihan. Itu menentukan cepat atau lambatnya proses pemulihan,” tuturnya.

Trauma yang dialami oleh DS sebenarnya bisa sembuh, namun hal itu sangat tergantung dengan lingkungan yang mendukung. Saat ini pihak KPAI belum bisa memastikan apakah trauma yang dialami DS termasuk ringan atau berat.

“Kita belum bisa mengatakan apakah itu ringan, sedang atau berat. Setelah adakan konseling kita olah dulu. Nggak bisa begitu cepat, kita tidak bisa terlalu lama, karena butuh perkenalan dulu. Kita bawa dia enjoy, supaya bisa enak menyampaikannya. Dalam waktu dekat mungkin di awal pekan. Lihat perkembangan, ada proses asesmen menjelang ujian,” tandasnya.

(kpl/far/sjw)

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge