0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gerhana Matahari Total Terlihat Dari Sukoharjo dan Sekitarnya

Santri Klub Astronomi Assalam Sosialisasikan GMT di Halaman Ponpes (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Observatorium Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalam menyiapkan ratusan kaca mata berfilter untuk menyaksikan gerhana matahari. Gerhana Matahari diprediksi akan melintas Kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya pada Rabu (9/3) mendatang pukul 06.20 WIB.

“ Kita sudah mempersiapkan semua hal bagi masyarakat yang ingin menyaksikan peristiwa bersejarah yang kemungkinan sekali seumur hidup, karena gerhana matahari ini sangat langka, karena terjadi 833 tahun sekali,” kata Pengasuh Klub Astronomi Assalam, Sugeng Riyadi, Jumat (26/2).

Berbagai persiapan ini antara lain, teleskop pemantul, teleskop pembias, teleskop portable, teleskop sky watcher, astrolabe, cassegrain, kamera dslr, bioculer filter, dan lain-lain. Selain itu, juga disediakan layar monitor berukuran besar dan juga kaca mata yang sudah dipasangai filter.

Peristiwa astronomi ini mulai dapat disaksikan di Observatorium Cassa Assalam pada (2/3) hingga (9/3). Diprediksi bulan akan mulai menyentuh matahari dan semakin menutup matahari hingga berbentuk sabit pada pukul 07.24 WIB. Selanjutnya bulan akan bergerak menjauhi matahari sekitar pukul 08.36 WIB.

“Masyarakat dan pelajar yang ingin menyaksikan secara langsung gerhana matahari total, bisa langsung datang ke tempat ini, panitia menyediakan 300 kacamata berfilter,” tandasnya.

Kota yang terkena gerhana matahari total yaitu Kota Palembang, Bangka Belitung (Babel), Sampit, Pangkalanbun, Palangkaraya, Balikpapan, Poso, Ternate, dan Maluku Utara.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge