0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

AMKRI Gandeng PUM Untuk Meningkatkan Kualitas Produk

timlo.net/setyo pujis
Tenaga ahli dari PUM, Gijs Boelaars (kanan) didampingi Ketua Bidang Kayu Solid AMKRI Soloraya, Biyp Mukhsen saat menjelaskan program kerjasama kepada wartawan (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Asosiasi Mebel dan Kerajinan Rotan Indonesia (AMKRI) DPD Soloraya menggandeng organisasi non profit asal Belanda, Programma Uitzending Managers (PUM) untuk meningkatkan kualitas produk mebel anggota. Kerjasama yang dilakukan cukup beragam, mulai dari perbaikan desain, manajemen maupun strategi pembukaan pasar baru di luar negeri.

“Kerjasama ini bagian dari program asosiasi untuk meningkatkan kualitas produk anggota. Targetnya bisa meningkatkan volume ekspor,” ujar Ketua Bidang Kayu Solid AMKRI Soloraya, Biyp Mukhsen kepada wartawan, kemarin.

Dikatakannya, dukungan dari PUM untuk membantu AMKRI DPD Soloraya luarbiasa. Karena selain memberikan banyak pengetahuan baru, mereka juga tidak meminta imbalan. Bahkan untuk mendatangkan para ahli tersebut, pengurus hanya diminta menyediakan akomodasi selama tinggal di Solo.

“Kapanpun kita mau dan apapun yang menjadi kendala, pada dasarnya PUM selalu siap membantu. Baik untuk memberikan pelatihan desain, manajemen termasuk pembukaan pasar baru di kawasan Eropa,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu tenaga ahli dari PUM, Gijs Boelaars dalam kesempatan yang sama menambahkan, bahwa persoalan yang dihadapi masing-masing perusahaan mebel di Solo bervariasi. Sehingga tidak bisa disama-ratakan.

“Selama kita gelar workshop kemarin, banyak masalah yang kita temukan. Mulai dari desainnya bagus tapi manajemennya perlu perbaikan, manajemennya bagus tapi desainnya perlu perbaikan. Maupun keduanya, baik manajemen dan desain kurang bagus,” terangnya.

Kendati demikian, ia mengaku cukup mengagumi kerajinan mebel dari produk Indonesia. Khususnya yang dilakukan dengan ukiran tangan.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge