0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Wonogiri Ajak Masyarakat Lestarikan Alam

Bupati Wonogiri Joko Sutopo saat penanaman pohon di Baturetno (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Genap sepekan Bupati Wonogiri Joko Sutopo menjabat, seabrek pekerjaan seremonial sudah di depan mata. Salah satunya yakni melakukan tanam pohon pada Gerakan Masyarakat Mananam Penghijauan untuk Pelestarian Alam yang berlokasi di kawasan hutan rakyat, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno.

“Acara tersebut diikuti ratusan  peserta dari pejabat DPRD, kepala dinas, camat, perangkat desa, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat,”ungkap Camat Baturetno, Teguh Setyono, Jumat (26/2).

Menurutnya, melalui gerakan penghijauan ini, masyarakat di Desa Saradan akan menanam 1.000 pohon yang terdiri dari pohon jati, sengon dan tanaman buah-buhan. Sebelumnya juga telah dilakukan penanaman pohon, kerjasama Koramil Baturetno dengan mahasiswa KKN Univet Sukoharjo di kawasan hutan lindung Gunung Payung.

“Musim kemarau tahun lalu, 90 hektar lahan di Gunung Payung mengalami kebakaran, kemudian kita melakukan penanaman pohon beringin sebanyak 350 batang,” katanya.

Bupati Joko Sutopo mengapresiasi atas partisipasi semua pihak dalam melakukan gerakan penghijauan guna mempertahanakan kelestarian alam dan menyimpan cadangan air bersih. Bupati siap mendukung dan memfasilitasi dengan program-program yang terkait pelestarian alam.

“Kegiatan ini jangan hanya terjadi di Saradan saja, tetapi juga menjadi contoh kesadaran bagi daerah-daerah lain, sudah menjadi kewajiban kita untuk bersama-sama menjaga alam,” katanya.

Selain kelestarian lingkungan, Bupati juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga hidup bersih dan kesehatan lingkungan. Ia berharap ada sinergitas dan komunikasi yang efektif antara pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama mengatasi persoalan, sesarengan mbangun Wonogiri.

Selain penanaman pohon, juga dilakukan penyerahan secara simbolis 1.500 benih ikan lele kepada kelompok ikan Mina Abadi Desa Saradan, Sendang Rejo dan Temon serta tanaman buah-buahan kepada kelompok tani Mekar Sari Saradan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge